sign up SIGN UP search


kehamilan

4 Makanan Lezat yang Bisa Bikin Cepat Hamil, Salah Satunya Es Krim!

Meita Fajriana Selasa, 24 Aug 2021 08:19 WIB
Ilustrasi wanita makan es krim. caption

Jakarta - Para Bunda yang tengah jadi pejuang dua garis tentunya sudah melakukan berbagai upaya agar bisa hamil. Dari beragam cara itu, ada yang merekomendasikan bahwa makan makanan tertentu bisa mempercepat kehamilan. Benarkah?

Sebenarnya, sejauh manakah mengonsumsi makanan dapat memengaruhi pembuahan lebih cepat serta makanan apa saja yang bisa dikonsumsi? Simak terus penjelasannya yuk Bunda.

Melansir dari laman VerywellFamily, ada banyak aturan tentang apa yang dianjurkan untuk dimakan ketika Bunda menjalani kehamilan. Lantas bisakah makanan ini dijadikan makanan agar cepat hamil? Jawabannya bisa dicoba karena setidaknya akan meningkatkan potensi hamil. 


Meskipun tidak ada makanan khusus untuk kesuburan yang akan meningkatkan peluang Bunda untuk hamil, pola makan bergizi dan seimbang tentu dapat membantu mendukung kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan reproduksi, baik pada pria maupun wanita.

Namun, penting untuk diketahui bahwa pilihan makanan tidak berperan dalam kondisi serius tertentu yang menyebabkan kemandulan pada wanita dan pria. Jika, misalnya, saluran tuba tersumbat, mencegah sperma mencapai sel telur, perubahan pola makan tidak akan menghilangkan penyumbatan dan membuka saluran. 

Jadi, untuk Bunda yang sedang mencoba untuk hamil dan menunggu kehadiran sang buah hati, berikut lima makanan peningkat kesuburan untuk ditambahkan ke dalam menu makanan. Kabar gembiranya, makanan ini memiliki rasa yang lezat sehingga tidak menyulitkan Bunda saat mengonsumsinya. 

1. Es Krim

"Satu atau dua porsi harian susu murni atau produk susu utuh seperti es krim melindungi tubuh dari infertilitas ovulasi. Susu skim dan susu rendah lemak, secara mengejutkan, melakukan kebalikannya," kata Jorge E Chavarro, MD, Sc.D., asisten profesor nutrisi dan epidemiologi di Harvard School of Public Health dan penulis The Fertility Diet dikutip dari laman Parents, Senin (23/8). 

Dr. Chavarro berteori bahwa menghilangkan lemak dari susu akan mengubah keseimbangan hormon seks, yang berakibat menghambat ovulasi. Tentunya mengonsumsinya tidak secara berlebihan ya Bunda. Dr. Chavarro menyarankan untuk mengganti satu produk susu rendah lemak sehari dengan yang penuh lemak.

2. Sayuran hijau

Bayam, selada, brokoli, dan sayuran berdaun hijau gelap lainnya kaya akan folat dan vitamin B yang menurut beberapa penelitian dapat meningkatkan ovulasi. Pastikan untuk menyiapkan salad untuk suami juga ya Bunda. Pria yang mendapatkan dosis folat lebih tinggi membuat sperma lebih sehat dan berpotensi mengurangi kemungkinan keguguran atau masalah genetik pada bayi. 

Para peneliti di University of California Berkeley's Public School of Health mensurvei 97 pria bukan perokok yang tidak memiliki riwayat masalah kesuburan, menemukan bahwa pria yang memiliki asupan vitamin tertinggi mengalami penurunan jumlah sperma abnormal sebanyak 20 persen. 

Ingin tahu makanan lainnya, simak halaman berikutnya ya Bunda.

Simak juga video tentang cara KB sistem hitung kehamilan di bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



4 MAKANAN YANG BANTU AGAR CEPAT HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!