sign up SIGN UP search


kehamilan

Kata Dokter soal Ibu Melahirkan Bayi Meninggal Usai 3 Hari Janin Tak Bergerak

Annisa Karnesyia Selasa, 31 Aug 2021 09:22 WIB
Ibu melahirkan caption
Jakarta -

Baru baru ini, cerita seorang Bunda yang melahirkan menjadi viral di media sosial. Pasalnya, sang bayi dilahirkan dalam kondisi sudah meninggal dunia.

Perjuangan wanita itu melahirkan dibagikan sang kakak dalam akun TikTok @emy_ginting pada Jumat (23/7/21). Akun tersebut mengunggah beberapa video saat adik yang tengah hamil 8 bulan berada di rumah sakit.

"Jadi ini adikku lagi hamil 8 bulan, katanya bayinya sudah enggak ada pergerakan 3 hari. Kita sudah bolak balik ke rumah sakit untuk periksa dan USG. Katanya bayinya meninggal di dalam kandungan," tulisnya, dikutip dari TikTok, Minggu (29/8/21).


"Mereka bingung dan sedih banget, besok pagi harus operasi untuk keluarin bayinya. Turut berduka cita dek, aku tau kalian sedih banget tapi kinan sudah tenang di sana. Semoga proses operasinya lancar dan ibunya sehat," sambungnya.

Menurut unggahan, wanita tersebut tak jadi melahirkan dengan operasi caesar untuk mengeluarkan bayinya yang meninggal. Ia harus menunggu untuk melahirkan normal dan sempat merasakan kontraksi jelang persalinan.

Perkembangan Janin Usia 2 Bulan

"Tadinya kita sudah siapin penguburan bayinya hari ini, karena awalnya kata dokter yang merujuk SC jam 8 pagi. Tapi kata dokter yang di rumah sakit normal saja. Sekarang dia lagi kesakitan banget, lagi kontraksi katanya. Salut banget sama ibu bapaknya kuat banget," ujarnya.

Kondisi sang adik tak terjadi begitu saja. Sang kakak menceritakan kondisi adiknya kondisi adiknya sebelum tahu gerakan janinnya hilang. Menurutnya, sang adik sempat mengalami demam dan batuk, Bunda.

"Awalnya ibunya demam dan batuk bund, setelah sembuh katanya enggak ada pergerakan sama sekali tapi enggak langsung bilang ke saya," ujarnya.

Ketika tahu kondisi adiknya, sang kakak tak ingin membuang waktu dan segera mengajaknya ke bidan. Dari situ, mereka tahu bahwa bayi dalam kandungan kemungkinan sudah meninggal dunia.

"Pas main ke rumah langsung aku ajakin konsultasi, karena saya juga minim pengetahuan tentang kehamilan, tapi pasti ada apa-apa kalau sampai enggak ada pergerakan sama sekali. Kita sudah ke 2 bidannya panik sudah tahu kayaknya di bayi sudah enggak ada tapi enggak berani memutuskan kalau si bayi sudah enggak ada," katanya.

Pergerakan janin memang bisa menjadi tanda subjektif untuk mengetahui kondisi janin. Simak penjelasan lengkap dari dokter di halaman berikutnya ya.

Simak juga 4 mitos perbedaan hamil anak laki-laki dan perempuan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

PENTINGNYA MEMANTU GERAKAN JANIN DI TRIMESTER AKHIR KEHAMILAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!