sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Tanda Awal Hamil Sebelum Telat Haid, Kelelahan hingga Payudara Sakit

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 17 Oct 2020 14:33 WIB
Pregnant woman drinking milk on a sofa caption

Jakarta - Kehamilan sering tak disadari para Bunda karena beberapa faktor. Salah satu penyebab kehamilan tak disadari karena Bunda tidak mengalami terlambat haid.

Telat haid memang menjadi tanda yang banyak diandalkan untuk mempertimbangkan apakah sedang hamil atau tidak. Padahal, banyak wanita yang lupa dengan siklus haidnya sehingga seringkali mereka tak sadar kalau jadwal haid sudah terlambat.

Di luar telat haid, sebenarnya tanda-tanda kehamilan bisa terlihat dari beberapa gejala ringan yang Bunda rasakan. Dan hal tersebut pun berbeda dari masa-masa normal ketika tidak hamil.


"Ada area abu-abu setelah implantasi sel telur yang telah dibuahi dan sebelum tubuh mulai memberitahu wanita bahwa dia hamil,"ujar Jane van Dis, M.D, sorang obgyn di Maven Clinic, seperti dikutip dari laman Parents.

Dr.van Dis mengatakan, rata-rata seorang wanita di usia subur akan berovulasi antara hari ke-10 dan hari ke-14 dari siklusnya, dan implantasi ke dinding rahim biasanya terjadi enam sampai 12 hari setelah pembuahan.

Itu artinya, seorang wanita yang baru saja hamil kemungkinan tidak akan melihat tanda pertama kehamilan mereka sampai 26 hari, setelah haid terakhirnya.

"Memang semuanya bergantung pada wanita dan juga jumlah janin yang diangkut. Sebagian besar gejala kehamilan akan muncul dengan sendirinya dalam enam minggu pertama,"kata Kecia Gaither, MD, MPH, FACOG, Direktur Layanan Perinatal di NYC Health and Hospital di Lincoln.

Melansir Medical News Today, gejala awal kehamilan sebelum telat haid memang berbeda-beda pada setiap wanita. Berikut beberapa di antaranya:

1. Mirip dengan PMS

Tanda awal kehamilan seringkali mirip dengan gejala kondisi dan perubahan lain, termasuk Premenstrual Syndrome (PMS). Biasanya, kadar hormon hCG yang menyebabkan banyak gejala pertama kehamilan akan lebih tinggi. Pada hari-hari setelah implantasi sebelum telat haid, kadar hormon ini akan rendah. Akibatnya, meski beberapa wanita melaporkan gejala awal kehamilan saat ini tidak dialaminya sama sekali.

2. Cepat lelah

Tanda kehamilan lain sebelum telat haid biasanya Bunda akan merasakan kelelahan, ini menjadi gejala umum awal kehamilan. Kelelahan ini pun berkisar dari yang ringan hingga intens.

3. Sembelit

Tak hanya itu, Bunda juga mungkin merasakan sedikit sembelit di awal-awal kehamilan

4. Payudara terasa lunak

Tanda kehamilan lainnya yaitu payudara terasa lunak, sakit, dan bengkak. Kemudian, di bagian puting juga akan terlihat lebih gelap ya, Bunda.

5. Mood swing

Tanda awal kehamilan sebelum telat haid juga bisa ditunjukkan dengan hadirnya perubahan suasana hati dan emosi, yang biasa kita sebut mood swing. Hal itu bisa juga ditandai dengan meningkatnya kecemasan, tangisan, atau perubahan tingkat energi. 

6. Pendarahan implantasi

Bunda juga akan merasakan bercak atau perdarahan ringan yang dikenal sebagai perdarahan implantasi.

7. Sering buang air kecil

Selain itu, Bunda juga mungkin merasakan lebih sering buang air kecil yang disebabkan masalah hormonal.

Nah, kira-kira itulah beberapa tanda awal kehamilan sebelum telat haid yang perlu Bunda tahu ya. Semoga membantu ya, Bunda!

Bunda, simak juga yuk ciri kehamilan yang jarang disadari dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi