sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Cara Beri Dukungan untuk Bunda yang Alami Keguguran dan Kehilangan Bayinya

Bella Barliana Kamis, 11 Nov 2021 19:10 WIB
Sad lady crying lying in bed and looking at baby socks near pillow, miscarriage caption

Jakarta - Tak ada Bunda yang siap ketika keguguran atau kehilangan bayinya. Namun, jika ada seseorang yang mengalami, salah satu hal yang bisa kita lakukan sebagai orang terdekat adalah menjadi pendukungnya untuk bangkit lagi.

Namun, dalam memberikan dukungan tentu harus berhati-hati ya, Bunda. Perasaan di saat terpuruk biasanya akan menjadi lebih sensitif dan mudah terluka. Meskipun terdengar seperti mendukung, terkadang ada beberapa orang yang justru semakin terluka karena perkataan orang lain.

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk memberi dukungan kepada Bunda yang keguguran atau kehilangan bayinya? Dilansir dari Parents, berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan.


1. Akui kehilangannya

Langkah sederhana yang bisa dilakukan adalah mengakui kehilangan mereka. Beberapa orang cenderung menyangkal karena dianggap akan membuat semakin sedih. Namun, cobalah untuk menghargai perasaan mereka.

"Kalimat sederhana seperti, 'Saya turut berduka cita atas kehilangan Anda,' sudah cukup," kata Janine Krause, seorang Bunda yang kehilangan salah satu putri kembarnya pada usia 15 minggu.

“Setiap panggilan, chat, dan e-mail cukup berarti. Mengetahui banyak orang yang memikirkan kita benar-benar membantu, bahkan jika itu hanya kalimat, 'Turut berduka cita'," kata salah satu sumber anonim, dikutip dari Tommy’s.

Tips Mengecilkan Perut BuncitTips Mengecilkan Perut Buncit/ Foto: Mia Kurnia Sari

2. Jangan abaikan situasi

Terlepas dari kesedihan yang berlarut-larut, bukan berarti mereka yang kehilangan bayi tidak ingin membicarakannya. Memang sulit untuk membicarakan peristiwa yang menyakitkan, tetapi cobalah untuk tidak membiarkan seseorang menanggung sakitnya sendiri.

"Kadang-kadang saya berharap orang-orang hanya berada di sini, bahkan jika mereka tidak nyaman dengan kesedihan kami, karena kami merasa sangat sendirian," kata Amber Pullara, seseorang yang sedang hamil 6 bulan ketika kehilangan putrinya.

"Ketika Anda membawa pulang bayi yang sehat dari rumah sakit, semua orang ingin datang dan melihat bayi itu dan berbicara tentang bayi itu. Ketika bayi Anda meninggal, orang-orang tidak mau datang berkunjung, mereka tidak ingin membicarakan tentang bayi Anda dan itu menyakitkan. Kuharap orang-orang tidak menganggap kita tidak ingin membicarakannya," lanjut Pullara, dikutip dari Parents.

3. Berada di sisinya untuk duduk dan mendengarkan

Ketika seseorang mengalami sakit emosional, sebagian orang merasa harus mengatakan kata-kata atau solusi yang menenangkan atau dorongan untuk membantu. Apalagi bagi Bunda yang bahkan mungkin pernah mengalami pengalaman serupa dan ingin menawarkan beberapa saran.

Tetapi, ingatlah bahwa setiap orang berbeda dan penting untuk membiarkan orang berduka dengan cara yang diinginkan. Terkadang orang tidak mencari nasihat tentang apa yang bisa mereka lakukan. Mereka hanya membutuhkan seseorang untuk mendengarkan apa yang mereka rasakan.

Cobalah memberi mereka ruang untuk mengatakan semua yang ingin mereka katakan kepada seseorang yang benar-benar mendengarkan.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda.

Simak juga video tentang 10 buah yang tidak boleh dikonsumsi Bunda hamil di bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
MENGENANG BAYI BISA MENJADI SALAH SATU CARA UNTUK SEMBUH DARI RASA KEHILANGAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!