sign up SIGN UP search


kehamilan

Bahayakan Janin, Bunda Dilarang Lahap 5 Makanan Ini saat Hamil

Meita Fajriana   |   Haibunda Sabtu, 20 Nov 2021 11:17 WIB
MAKANAN YANG DILARANG UNTUK IBU HAMIL
Mau Bikin Steak dari Daging Kurban? Ikuti Tips ‘Dims The Meat Guy’ caption

3. Daging setengah matang, mentah, dan olahan

Beberapa masalah yang sama dengan ikan mentah juga mempengaruhi daging yang kurang matang. Makan daging setengah matang atau mentah meningkatkan risiko infeksi dari beberapa bakteri atau parasit, termasuk toksoplasma, E coli, listeria, dan salmonella.

Bakteri dapat mengancam kesehatan si kecil Bunda, dapat menyebabkan lahir mati atau penyakit neurologis yang parah, termasuk cacat intelektual, kebutaan, dan epilepsi.

4. Telur mentah

Telur mentah dapat terkontaminasi bakteri salmonella Bunda. Gejala infeksi salmonella yang bisa Bunda rasakan yaitu demam, mual, muntah, kram perut, dan diare. Namun, dalam kasus yang jarang terjadi, infeksi dapat menyebabkan kram di rahim, yang menyebabkan kelahiran prematur atau lahir mati Bunda. 


5. Susu, keju, dan jus buah yang tidak dipasteurisasi

Susu mentah dan keju yang tidak dipasteurisasi dapat mengandung berbagai bakteri berbahaya untuk ibu hamil, termasuk listeria, salmonella, E. coli, dan campylobacter. Hal yang sama berlaku untuk jus yang tidak dipasteurisasi, yang juga rentan terhadap kontaminasi bakteri. Infeksi ini semuanya dapat memiliki konsekuensi yang mengancam jiwa untuk bayi yang belum lahir Bunda. 

Bakteri dapat terjadi secara alami atau disebabkan oleh kontaminasi selama pengumpulan atau penyimpanan. Pasteurisasi adalah cara paling efektif untuk membunuh bakteri berbahaya, tanpa mengubah nilai gizi produk, jadi pastikan mengonsumsi makanan yang sudah dipasteurisasi ya Bunda. 

(pri/pri)
kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!