sign up SIGN UP search


kehamilan

Tips Menyantap Hidangan Lebaran agar BB Bumil Tak Melonjak Drastis

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Senin, 02 May 2022 20:20 WIB
Pregnant Islamic Woman Eating Fresh Vegetable Salad While Resting On Couch With Husband, Happy Middle Eastern Family Awaiting For Baby Sitting Together On Comfortable Sofa In Living Room, Free Space caption

Jakarta - Mengakhiri puasa Ramadan apakah cukup membuat Bunda kalap makan? Jika iya, agak kesulitan nih buat Bunda membatasi konsumsi makanan lezat hidangan Lebaran.

Godaan yang sayang dilewatkan memang, Bunda. Sajian khas Lebaran kan sudah pasti menggugah selera ya. Tapi, demi perkembangan janin sehat, ada baiknya Bunda tetap mengutamakan kebutuhan nutrisi selama kehamilan ya.

Mengutip penjelasan Sarah Krieger kepada Livescience, ibu hamil harus selalu mengutamakan kebutuhan nutrisinya jika menginginkan kehamilan lancar dan  janin tumbuh sehat. Sebab, nutrisi yang masuk ke tubuh ibu adalah konsumsi utama janin selama dalam kandungan. Meski begitu, Ibu hamil tidak boleh kalap, Bunda. 


“Menjaga berat badan ideal adalah melalui pola makan dan olahraga yang cukup disiplin. Tidak terkecuali untuk ibu hamil," tegas ahli diet terdaftar dan mantan presiden Academy of Nutrition and Dietetics di St Petersburg, Florida tersebut. 

Banner 9 Tanda Kepala Janin di Bawah9 Tanda Kepala Janin di Bawah/ Foto: annisa shofia/HaiBunda

Menurutnya, kehamilan tidak harus dijadikan alasan untuk menyantap makanan lebih dari porsi semestinya dengan dalih ada dua nyawa dalam diri Bunda. Sebab berat badan ibu hamil juga perlu dijaga ya. 

Lantas, berapa sih berat badan Bunda hamil yang ideal dan tidak mengalami lonjakan akibat hari raya? Yuk simak terus, Bunda. 

Menghitung berat badan hamil yang ideal

Masih berdasarkan penjelasan Krieger pada Livescience, berat badan ibu hamil idealnya mengalami kenaikan sebanyak 0,5 kg setiap minggunya. Dengan penghitungan sederhana sebagai berikut:

1. Trimester 1

Dalam batas normal kenaikan berat badan Bunda adalah 1–2,5 kg per 3 bulan pertama ini. 

2. Trimester 2

Idealnya Bunda mengalami penambahan berat badan rata-rata 0,35–0,4 kg per minggunya.

Joyful Pregnant Muslim Lady Using Digital Tablet Browsing Internet Sitting On Couch At Home. Pregnancy Lifestyle Concept. Arab Mother-To-Be Using Computer. Copy Space For TextTips Menyantap Hidangan Lebaran agar BB Bumil Tak Melonjak Drastis/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio

3. Trimester 3

Pada trimester ini, Bunda sudah makin bertambah berat di antaranya karena sudah tidak mengalami mual muntah dan Si Kecil juga idealnya makin menambah beban berat Bunda di timbangan ya. 

Sehingga pada trimester 3 hingga masa persalinan, Bunda biasanya mengalami kenaikan 7-11 kg atau 8-12 kg, Bunda.

Dari penghitungan ini, Bunda bisa mengetahui ya batas normal berat badan Bunda masih cukup aman atau sudah membahayakan. Jika angka timbangan menunjukkan penambahan berat badan lebih dari angka ideal di atas, sepatutnya Bunda berhati-hati. 

Kita lanjutkan ke halaman berikutnya ya Bunda.

Simak juga yuk video tentang 3 penyebab utama bumil dehidrasi.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
TIPS MENYANTAP HIDANGAN LEBARAN UNTUK BUMIL AGAR BB TAK MELONJAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!