sign up SIGN UP search


kehamilan

Kondisi yang Bisa Memicu Keguguran, Dapat Dicegah bahkan Diatasi kok Bun

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Minggu, 08 May 2022 11:14 WIB
ilustrasi keguguran caption

Jakarta - Bunda, tidak semua sisi kehidupan berjalan seperti yang kita inginkan ya. Ada banyak hal di luar kendali kita sebagai manusia yang penuh keterbatasan. Sebab sejatinya pemilik kehidupan adalah Allah SWT yang mengenggam nyawa semua manusia.

Termasuk ketika hamil, Bunda juga harus siap mental bahkan jika mengalami hal buruk, misalnya keguguran. 

Mengutip pernyataan Elizabet Nowacki pada Parents, keguguran merupakan hal di luar kendali yang bisa terjadi kepada siapa saja dengan penyebab yang tidak bisa dipastikan. 


“Keguguran bisa menjadi peristiwa yang sangat menghancurkan perasaan, dengan dampak emosional yang sulit hilang,” ujar Obgyn dari Rumah Sakit St Vincent Fishers di Indiana tersebut. Ia menambahkan, sulit memastikan dengan tepat apa yang salah sehingga keguguran terjadi.

banner janin aktif di sebelah kiriJanin aktif di sebelah kiri/ Foto: haibunda.com/novita rizki

“Tetapi salah satu hal yang bisa dilakukan adalah memperkaya informasi,” sarannya. 
 
Untuk itu, Nowacki menyarankan cara paling sederhana menghadapi keguguran adalah dengan berpikir bahwa keguguran merupakan cara alam untuk memastikan jika manusia kompatibel dengan kehidupan, Bunda. 
 
Agar Bunda semakin kaya informasi mengenai keguguran dan mengetahui bagaimana mencegahnya, yuk kita simak terus, Bunda. 

Sad lady crying lying in bed and looking at baby socks near pillow, miscarriage9 Kondisi yang Bisa Memicu Keguguran, Dapat Dicegah bahkan Diatasi kok Bun / Foto: iStock

Sadari bahwa itu bukan kesalahan siapa pun

Karena keguguran ini sering menjadi pemicu kondisi emosional yang membutuhkan waktu relatif lama untuk memulihkannya, menurut Nowacki sangat penting menumbuhkan kesadaran dalam diri Bunda dan keluarga bahwa keguguran yang terjadi bukanlah kesalahan yang disengaja oleh siapa pun.

Semua terjadi karena ketidakmampuan Si Kecil berkompetisi dengan alam kehidupan, Bunda. Sehingga, dengan membuka cara berpikir seperti ini, Bunda tidak akan mengalami blaming atau terus menyalahkan keadaan. 

Hal yang sebaiknya Bunda lakukan juga selain hal di atas adalah memperkaya informasi seputar kehamilan ya. Seperti mengetahui diagnosis ilmiah penyebab keguguran terjadi seperti berikut ini:

1. Kelainan kromosom

Masih mengutip dari Parents, penyebab keguguran adalah kelainan kromosom, Bunda. Selama pembuahan, sperma dan sel telur masing-masing membawa 23 kromosom untuk membuat pasangan yang sangat cocok. Ini adalah proses yang kompleks, dan kesalahan kecil dapat menyebabkan kelainan genetik atau kromosom.

2. Gangguan tiroid 

Situs web The Malpani Infertility Clinic menjelaskan bahwa dalam kasus dengan fungsi tiroid seorang wanita rendah, tubuhnya akan mencoba mengimbanginya dengan memproduksi hormon yang benar-benar dapat menekan ovulasi.

Sebaliknya, tiroid yang memproduksi terlalu banyak hormon dapat mengganggu kemampuan estrogen untuk melakukan tugasnya, dan menyebabkan perdarahan rahim yang tidak normal. Hal itu memengaruhi faktor kesuburan, Bunda. 

Kita lanjutkan ke halaman berikutnya yuk Bunda.

Saksikan juga yuk video tentang 8 faktor pemicu keguguran: 

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
KEGUGURAN DAPAT DICEGAH DENGAN MENGUBAH GAYA HIDUP
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!