sign up SIGN UP search


kehamilan

6 Obat Paling Ampuh dan Alami Mengatasi Batuk Pada Ibu Hamil

Tim HaiBunda   |   Haibunda Rabu, 11 May 2022 14:00 WIB
Shot of a pregnant woman having a consultation with her doctor caption
Jakarta -

Umumnya penanganan batuk ibu hamil akan sangat berbeda. Dalam kondisi ini Bunda tidak bisa secara sembarang untuk mengonsumsi obat. Sebab, obat yang nantinya diminum oleh ibu hamil dikhawatirkan akan memengaruhi perkembangan dari janin, bahkan bisa memicu gangguan kesehatan.

Perlu Bunda ingat bahwa pada trimester yang pertama, yaitu sekitar 12 minggu pada awal kehamilan, menjadi waktu terpenting di mana organ vital bayi akan terbentuk. Hal inilah yang menjadi alasan ibu hamil tidak boleh mengonsumsi obat secara sembarang di trimester pertama.

Obat batuk alami

Jika gejala batuk bawaan ibu hamil masih ringan, maka bisa mencoba beberapa tips untuk obat batuk alami di bawah ini:


1. Mandi dengan air hangat

Ciri-ciri batuk bawaan hamil umumnya akan ditandai dengan gejala sesak napas. Agar Bunda bisa mengatasi hal tersebut, maka Bunda dapat mencoba untuk mandi dengan menggunakan air hangat.

Banner Dongeng Anak Sebelum Tidur

Uap dari air hangat akan membantu Bunda untuk melegakan sesak napas dan membuat tubuh terasa lebih sehat. Selain itu, uap dari air juga akan membuat sistem pernapasan terasa lebih lega.

2. Konsumsi sup sehat dalam keadaan hangat

Mengonsumsi makanan sehat menjadi salah satu cara supaya tubuh tetap selalu terasa bugar dan gejala batuk hilang. Salah satu makanan pengurang gatal tenggorokan karena batuk yang dapat Bunda coba ketika dalam kondisi hamil adalah semangkuk sup ayam hangat. Konsumsi sup hangat dapat lebih bisa membantu pernapasan menjadi lega serta mengurangi peradangan.

3. Manfaatkan balsem ya, Bun

Balsem atau sering disebut juga sebagai minyak gosok sudah banyak dijual di pasaran. Beberapa merek tertentu bahkan sudah diketahui khasiatnya untuk menghangatkan bagian tubuh. Hal ini ternyata juga bisa membantu dalam meredakan gejala batuk. Cobalah untuk mengoleskan balsem atau minyak gosok di bagian dada dan di bawah hidung untuk bisa meredakan gejala hidung tersumbat dan batuk.

4. Kumur menggunakan air garam

Salah satu cara mengatasi batuk tanpa harus mengonsumsi obat-obatan adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Untuk membuatnya, Bunda dapat melarutkan garam dalam segelas air hangat, lalu pakai untuk berkumur. Ini adalah obat batuk alami untuk batuk yang sudah diketahui para tetua kita, Bun dan bisa membantu meringankan radang pada tenggorokan dan batuk.

Ibu hamil sakitIlustrasi obat batuk alami untuk ibu hamil/ Foto: iStock

5. Posisi tidur yang nyaman

Batuk biasa muncul kapan pun tanpa mengenal waktu dan tempat. Bahkan terkadang menjadi lebih buruk ketika di malam hari. Oleh sebab itu, ibu hamil harus bisa mengatur posisi dalam tidur supaya nantinya lebih terasa nyaman, sehingga batuk tidak akan mengganggu kualitas tidur di malam hari.

Cobalah untuk memakai bantal yang ditumpuk ketika akan tidur supaya posisi kepala menjadi lebih tinggi. Hal ini memiliki tujuan untuk bisa mencegah cairan dahak mengalir ketika tidur dan mengiritasi dinding pada tenggorokan. Iritasi pada tenggorokan ini menjadi salah satu ciri ciri batuk bawaan hamil yang sering terjadi.

6. Madu dan lemon

Ketika batuk tidak kunjung berhenti, ibu hamil bisa mencoba mengonsumsi air hangat yang dicampurkan dengan lemon dan madu. Campuran asam dan manis ini dapat membantu mengatasi radang tenggorokan yang menjadi menjadi pemicu dari batuk. (PK)


Simak juga video berikut mengenai tujuh kesalahan umum yang harus dihindari di trimester pertama kehamilan. 

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!