sign up SIGN UP search


kehamilan

3 Ciri Sperma Tak Sehat yang Bisa Menghambat Program Kehamilan

Melly Febrida   |   Haibunda Minggu, 12 Jun 2022 18:30 WIB
Happy affectionate couple enjoying in their love while embracing in bedroom in the morning. caption

Sebagian besar pasangan suami istri yang telah menikah, tentu ingin memiliki keturunan dan menjadi seorang orang tua. Namun, memang tubuh setiap orang diciptakan dengan kondisi yang berbeda-beda ya Bunda.

Sehingga, tak sedikit pasangan yang memiliki kesulitan untuk mendapatkan momongan karena berbagai faktor yang ada. Yang perlu diingat, kesulitan untuk hamil bisa disebabkan baik itu dari kondisi tubuh Bunda maupun Ayah.

Salah satu faktor penting untuk menciptakan kehamilan adalah kualitas sperma yang baik. Kesehatan sperma itu penting jika Bunda merencanakan kehamilan. Namun, kebanyakan pria tidak terlalu memikirkan kualitas spermanya. Kualitas sperma ini juga bisa berpengaruh terhadap risiko keguguran lho.


Bunda dan Ayah mungkin tak terpikirkan bahwa kualitas sperma juga bisa mempengaruhi peluang untuk hamil. Apabila Ayah dan Bunda berencana memulai sebuah keluarga, cobalah untuk memperhatikan jumlah dan kualitas sperma.

Banner Risiko Hamil di Usia 35 TahunRisiko Hamil di Usia 35 Tahun/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Krissi Danielsson, MD, dokter kedokteran keluarga dan penasihat yang pernah mengalami keguguran, mengatakan selama ini dugaan penyebab keguguran lebih sering ditujukan pada ibunya. Namun jangan lupa ada juga peran ayah atau lebih tepatnya sperma. Sayangnya sperma ini sering diabaikan.

"Kualitas sperma dapat memengaruhi kehamilan dan bahkan menyebabkan keguguran," kata Danielsson dilansir Very Well Health.

Untuk memastikannya dilakukan penelitian yang melihat khusus pria dan hubungannya dengan kualitas sperma untuk sukses hamil. Hasilnya, ada banyak cara sperma yang dapat mempengaruhi hasil kehamilan. Dari kromosom abnormal hingga fragmentasi DNA sperma, bahkan pilihan gaya hidup.

"Disarankan bahwa ketika keguguran terjadi, terutama berkali-kali, pengujian berfokus pada ayah dan juga ibu," kata Danielsson.

Bagaimana dengan susah hamil? Kevin O Hwang, MD, MPH, dokter penyakit dalam umum mengatakan jika ingin merencanakan kehamilan, jumlah dan kualitas sperma itu yang menjadi hal utama.

"Meskipun hanya dibutuhkan satu sperma untuk membuahi sel telur, perjalanan menuju ke sana bisa jadi sulit. Semakin banyak sperma yang Anda miliki, semakin baik peluang Anda," ujar Hwang dilansir Health Line.

Ilustrasi suami istri program hamil] 3 Ciri Sperma Tak Sehat yang Bisa Menghambat Program Kehamilan/ Foto: Getty Images/Vetta/SelectStock

Jumlah sperma yang rendah ini disebut dengan oligospermia, ini menjadi penyebab utama infertilitas pria. Jumlah sperma dianggap rendah jika di bawah 15 juta sperma per mililiter (mL) air mani, meskipun rata-rata sekitar 75 juta sperma per mL.

Banyak faktor yang membuat pria berisiko memiliki sperma jumlah rendah. Misalnya obesitas atau kelebihan berat badan, mengalami trauma atau operasi di dalam atau di sekitar testis, dan minum obat tertentu. Faktor lainnya mengekspose testis dengan terlalu banyak panas. 

Tanda-tanda sperma sehat itu seperti apa? Klik halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 4 ciri sperma sehat dan cara tingkatkan kualitasnya.

[Gambas:Video Haibunda]



program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
SPERMA SEHAT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!