sign up SIGN UP search


kehamilan

Bunda dan Ayah Sedang Promil? Hindari Sementara 5 Makanan Ini Ya

Melly Febrida   |   Haibunda Selasa, 21 Jun 2022 07:00 WIB
Happy man feeding his girlfriend with salad caption

Makanan tentu berpengaruh pada kesehatan seseorang. Khusus untuk Bunda dan Ayah yang tengah menjalani program kehamilan, makanan sangat berperan penting pada tingkat kesuburan.

Beragam nutrisi yang dikandung makanan bisa menjadi asupan yang bagus menjadi kunci kesuburan, tapi ada makanan tertentu juga dapat menyebabkan kesulitan kehamilan.

Kimberley Rose-Francis, ahli gizi, mengatakan para ilmuwan sudah banyak melakukan penelitian tentang pola diet dan makanan tertentu yang perlu ditambahkan atau dihilangkan agar berpeluang untuk hamil.


Sekitar 10-15 persen pasangan mengalami infertilitas. Berbicara tentang kesuburan, ini tentu tak hanya pada Bunda tapi juga dengan Ayah. Keduanya sama-sama penting menjalani kebiasaan yang mendukung kesuburan.

Banner Lahirkan Bayi Down SyndromeLahirkan Bayi Down Syndrome/ Foto: HaiBunda/ Annisa Shofia

"Selain diet sehat, kebiasaan gaya hidup seperti cukup tidur, tidak merokok, mengonsumsi multivitamin prenatal, mengelola tingkat stres Anda, dan melakukan aktivitas fisik sedang dapat mendukung kesuburan," jelas Rose-Francis dilansir Healthline.

Beberapa makanan di bawah ini sebaiknya dikurangi ketika mencoba untuk hamil:

1. Daging merah dan daging olahan

Pada penelitian terungkap mengonsumsi banyak daging merah dan olahan, seperti daging sapi, hot dog, dan sosis bisa mempengaruhi kesuburan pada semua jenis kelamin. Sebuah penelitian menemukan pria yang mengonsumsi daging olahan dalam jumlah besar maka jumlah dan motilitas spermanya lebih rendah ketimbang pria yang makan ikan.

Pria yang makan daging olahan kurang dari 1,5 porsi per minggunya berpeluang 28% lebih baik untuk  hamil, dibandingkan dengan pria yang makan 4,3 porsi per minggu.

Daging merah dan daging olahan juga  tinggi lemak trans dan lemak jenuh, yang berhubungan dengan kesuburan yang lebih rendah.

Penelitian lain menunjukkan bahwa asupan protein hewani yang tinggi secara keseluruhan juga dapat dikaitkan dengan hasil kesuburan yang memburuk, baik pada pria dan wanita. "Mengganti beberapa di antaranya dengan protein nabati dapat bermanfaat bagi kesuburan," jelas Rose-Francis.

Bunda bisa mempertimbangkan mengganti daging merah dan olahan dengan protein nabati seperti:

  • Tahu
  • Tempe
  • Kacang polong
  • Kacang polong
  • Kacang-kacangan

Kendra Tolbert MS, RDN, CDN, LD, RYT, Cert AT, ahli gizi ahli diet terdaftar, dikutip dari Glamour mengatakan bahwa pria juga harus mengurangi lemak trans saat pasangan sedang mencoba untuk hamil karena dapat menurunkan jumlah dan kualitas sperma.

2. Karbohidrat ultra-proses

Makanan karbohidrat ultra proses termasuk makanan dengan indeks glikemik tinggi (GI) yang menurunkan kesuburan pada beberapa orang. Ini tampak berhubungan pada orang yang kurang serat dan tinggi gula tambahan.

"Jika makanan memiliki GI tinggi, itu berarti memicu lonjakan gula darah yang lebih signifikan setelah Anda memakannya, dibandingkan dengan makanan yang memiliki GI lebih rendah," ujar Rose-Francis.

Lonjakan gula darah dapat menyebabkan peradangan, mengubah hormon, dan menghambat ovulasi.

Beberapa contoh makanan GI tinggi termasuk roti putih dan pasta, serta biskuit putih, makanan penutup, makanan yang dipanggang, dan makanan ringan kemasan lainnya yang diproses.

Ilustrasi pastaBunda dan Ayah Sedang Promil? Hindari Sementara 5 Makanan Ini Ya/ Foto: Getty Images/iStockphoto/margouillatphotos

Namun, Bunda perlu menggarisbawahi bahwa makanan yang GI-nya tinggi tidak secara otomatis menurunkan kesuburan.  Jika makanan tersebut rendah serat, tinggi gula tambahan maka secara negatif cenderung mempengaruhi kesuburan.

Salah satu cara untuk meningkatkan kesuburan adalah mengganti makanan dengan GI tinggi dengan makanan GI rendah. Ini seperti biji-bijian dan sayuran tertentu.

"Sekali lagi, mengombinasikan diet rendah GI dengan memperbanyak serat dan mengurangi asupan gula tambahan dapat menawarkan manfaat. Dalam beberapa penelitian, makan makanan berserat tinggi telah terbukti memiliki efek perlindungan terhadap infertilitas ovulasi di kalangan wanita," ujarnya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet serat yang sangat tinggi mengurangi kadar estrogen dan meningkatkan risiko tidak adanya ovulasi.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 4 manfaat buah kiwi untuk promil:

[Gambas:Video Haibunda]



program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
MAKANAN LAINNYA CEGAH KEHAMILAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!