sign up SIGN UP search


kehamilan

3 Ciri Sperma Tak Sehat yang Bisa Menghambat Program Kehamilan

Melly Febrida   |   Haibunda Minggu, 12 Jun 2022 18:30 WIB
SPERMA SEHAT
Female doctor giving prescription paper to couple at desk in clinic caption

Kesehatan sperma itu tergantung pada berbagai faktor termasuk kuantitas, pergerakan dan struktur. Nah, pasangan yang merencanakan kehamilan perlu memperhatikan beberapa hal ini dilansir Mayo Clinic.

1. Kuantitas

Sperma dianggap sehat jika air mani yang dikeluarkan dalam satu kali ejakulasi mengandung setidaknya 15 juta sperma per mililiter. Sperma yang terlalu sedikit ketika ejakulasi mungkin akan membuat sulit hamil. Ini karena kandidat yang tersedia untuk membuahi telur jadi lebih sedikit.

2. Pergerakan

Sperma yang ingin mencapai dan membuahi sel telur harus bergerak dengan menggeliat lihai serta berenang melalui serviks wanita, rahim, dan saluran tuba. Ini dikenal sebagai motilitas. Jika 40 persen sperma dalam ejakulasi bergerak, kemungkinan bisa hamil. Tapi 40 persen ini dianggap ambang batas. Yang pasti, semakin banyak maka lebih bagus.


3. Struktur (morfologi)

Khas sperma itu memiliki kepala oval dan ekor panjang, yang bekerja sama untuk mendorong. Ini tidak sepenting faktor kuantitas atau pergerakan sperma.

Untuk mengetahui sperma itu sehat tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Pastikan periksa sperma.

"Spesimen sperma perlu dikumpulkan dan dilihat melalui mikroskop untuk mengevaluasi apakah itu sehat," kata Kaylen Silverberg, ahli endokrinologi reproduksi di Texas Fertility Center di Austin, Texas, dikutip Menshealth.

Untuk mengetahui sperma itu sehat atau tidak, ahli andrologi akan melihat apakah sperma menggunakan ekornya untuk berenang dalam garis lurus. Dokter juga akan memastikan kepalanya tampak lonjong. Ekornya harus panjang dan bergerak mulus melewati cairan.

Kenali tanda sperma tidak sehat di halaman berikutnya, Bunda.

program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
TANDA SPERMA TIDAK SEHAT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!