sign up SIGN UP search


kehamilan

3 Ciri Sperma Tak Sehat yang Bisa Menghambat Program Kehamilan

Melly Febrida   |   Haibunda Minggu, 12 Jun 2022 18:30 WIB
TANDA SPERMA TIDAK SEHAT
Cropped shot of a young couple sitting on sofa compassionately holding hands in self isolation during Covid-19 health crisis caption

Lantas seperti apa tanda sperma yang tidak sehat?

1. Warna air mani

Harshil Matta, dokter residen kedokteran keluarga di Loyola Medicine-MacNeal Hospital di Chicago, mengatakan memang air mani yang sehat itu jika berwarna putih keruh dengan konsistensi seperti jeli mirip telur mentah.

Ayah tidak perlu khawatir jika terjadi sedikit perubahan dalam warna, tekstur, dan bahkan aroma air mani. Dalam beberapa kasus, perubahan warna air mani bisa menjadi tanda ada masalah. "Kemungkinan penyebabnya termasuk darah dalam air mani atau infeksi, yang keduanya memerlukan perhatian medis," ujarnya dilansir Medical News Today.


Jika berwarna coklat atau hitam mungkin merupakan tanda pendarahan yang lebih berat atau darah yang telah berada di dalam tubuh untuk waktu yang lebih lama. Hal ini dapat terjadi karena cedera berat, seperti cedera tulang belakang atau trauma pada alat kelamin.

Tingginya kadar logam berat dalam tubuh dan darah dapat menyebabkan air mani berwarna gelap dalam beberapa kasus. Sebuah artikel 2013 menemukan darah pada orang dengan air mani berwarna gelap kaya akan logam berat, seperti mangan, timah, dan nikel.

Untuk warna air mani mulai dari kuning hingga hijau bisa disebabkan oleh infeksi saluran kemih atau infeksi menular seksual (IMS), seperti klamidia atau gonore. Air mani juga mungkin memiliki bau busuk.

Ayah yang jarang ejakulasi, air maninya juga berwarna kuning. Air mani mungkin memiliki lebih banyak waktu untuk bercampur dengan senyawa lain yang membuatnya berubah warna.

2. Tekstur air mani

Seiring dengan perubahan warna, perubahan tekstur juga dapat mengkhawatirkan. Air mani yang normal dan sehat memiliki variasi tekstur dan mungkin sedikit lebih kental atau encer karena faktor-faktor diet, pilihan gaya hidup seperti tingkat aktivitas, minuman alkohol
penggunaan obat.

"Perubahan sementara dalam tekstur air mani umumnya tidak perlu dikhawatirkan. Bahkan masalah sederhana, seperti dehidrasi sementara, dapat menyebabkan air mani lebih kental dalam jangka pendek," jelasnya.

Namun, jika terjadi perubahan tekstur bersamaan dengan masalah air mani lainnya, seperti bau busuk atau perubahan warna, mungkin merupakan tanda ada masalah. Untuk menemui dokter.

3. Testis bengkak

Pembengkakan testis terjadi karena epididimis atau radang orkitis (testis), dapat menyebabkan sperma tidak sehat.

Sebenarnya, tanda utama infertilitas pria mungkin tidak memiliki tanda atau gejala. Namun, dalam beberapa kasus, jika mengalami masalah kelainan bawaan, ketidakseimbangan hormon, pelebaran pembuluh darah di sekitar testis atau kondisi yang menghalangi jalannya sperma menyebabkan tanda dan gejala.

Tanda dan gejala yang perlu diperhatikan meliputi:

  • Masalah dengan fungsi seksual — misalnya, kesulitan ejakulasi atau volume cairan ejakulasi yang sedikit, hasrat seksual berkurang, atau kesulitan mempertahankan ereksi (disfungsi ereksi)
  • Nyeri, bengkak, atau benjolan di area testis
  • Infeksi saluran pernapasan berulang
  • Ketidakmampuan untuk mencium
  • Pertumbuhan payudara yang tidak normal (ginekomastia)
  • Penurunan rambut wajah atau tubuh atau tanda-tanda lain dari kelainan kromosom atau hormonal
  • Jumlah sperma yang lebih rendah dari normal (kurang dari 15 juta sperma per mililiter air mani atau jumlah sperma total kurang dari 39 juta per ejakulasi)

Jika sperma tidak berkualitas baik, tidak akan bergerak dengan baik dan akan gagal mencapai sel telur dan membuahi. Jika pembuahan tidak terjadi, tidak akan ada kemungkinan kehamilan. Konsultasikan dengan dokter sebelum mulai merencanakan sebuah keluarga.

(pri/pri)
program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!