sign up SIGN UP search


kehamilan

Mengenal Cairan Pre-Cum, Penyebab Bunda Bisa Hamil Saat Senggama Putus

Melly Febrida   |   Haibunda Minggu, 19 Jun 2022 18:40 WIB
Tes kehamilan caption

Banyak cara dilakukan pasangan suami istri untuk mengontrol kelahiran anak-anaknya. Salah satu cara yang paling banyak dilakukan adalah dengan memakai alat kontrasepsi.

Namun, ada sebagian pasangan suami istri yang memutuskan tidak menggunakan alat kontrasepsi karena alasan kesehatan. Ada Bunda yang kesakitan memakai IUD dan ada juga yang alergi terhadap cairan lubrikan kondom.

Saat menghadapi kondisi ini, para Bunda dan Ayah biasanya memilih untuk metode senggama putus. Sudah tahu maksudnya? Kondisi di mana Ayah mengeluarkan sperma di luar ketika terjadi ejakulasi.


Dengan harapan, cara ini mencegah sperma bertemu dengan sel telur yang meningkatkan peluang kehamilan. Namun rupanya, cara ini tak 100 persen efektif untuk menghindari kehamilan. 

Terkait hal ini, Debra Rose Wilson, profesor, peneliti, dan praktisi kesehatan holistik mengingatkan bahwa pria memiliki cairan yang dikenal dengan pra-cum. Ini merupakan cairan praejakulasi yang dilepaskan sebelum pria klimaks atau ejakulasi. Wanita bisa saja hamil meski pria hanya mengeluarkan cairan pramani.

Banner Cara Membuat Infused WaterCara Membuat Infused Water/ Foto: Annisa Shofia

"Pre-cum keluar tepat sebelum air mani, yang memiliki sperma hidup yang dapat menyebabkan kehamilan. Banyak orang percaya bahwa pra-cum tidak termasuk sperma, jadi tidak ada risiko kehamilan yang tidak diinginkan. Tapi itu tidak benar," tegas Wilson dilansir Healthline.

Lantas, pre-cum apa mengandung sperma? Menurut Wilson, pre-cum sebenarnya tidak mengandung sperma. Tapi, kemungkinan sperma bocor ke pre-cum bisa saja terjadi. 

"Pre-cum adalah pelumas yang diproduksi oleh kelenjar di penis. Ini dirilis sebelum ejakulasi. Air mani mungkin tertinggal di uretra setelah ejakulasi dan bercampur dengan air mani saat sedang dalam perjalanan keluar," jelas Wilson.

Sebuah studi tahun 2016 menemukan sekitar 17 persen peserta pria memiliki sperma pada cairan pra-cumnya. Studi lain, yang diterbitkan pada 2011, menemukan sperma pada 37 persen sampel pra-cum yang diberikan 27 pria.

Ada triknya supaya cairan pre-cum tak mengandung sperma. "Kencing sebelum berhubungan seks dapat membantu mengeluarkan sisa air mani, mengurangi kemungkinan sperma akan muncul di pra-mani Anda," kata Wilson.

Apakah ini bisa mencegah kehamilan? Simak di halaman berikutnya!

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 4 ciri sperma sehat seperti dijelaskan dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
PELUANG HAMIL SAAT BERHUBUNGAN DI LUAR MASA SUBUR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!