sign up SIGN UP search


kehamilan

Penyebab Nafsu Makan Bumil Baru Muncul Kembali di Trimester 2 seperti Indah Permatasari

Khesedtov Bana   |   Haibunda Sabtu, 02 Jul 2022 17:57 WIB
Indah Permatasari umumkan kehamilan caption

Aktris Indah Permatasari, istri dari stand up comedian Arie Kriting sedang mengandung anak pertama mereka, nih Bunda. Usia kehamilan yang memasuki trimester kedua, membuat Indah terlihat semakin ceria lho.

Dalam tiap unggahan pada akun Instagramnya, Indah terlihat sangat menikmati kehamilan pertamanya. Dalam salah satu unggahannya, Indah berbagi pengalaman hamilnya. Salah satunya adalah, nafsu makan Indah yang meningkat ketika memasuki trimester kedua.

“Udah masuk trimester 2, baru aktivitas dikit jadi gampang laper. Siapa yang relate?” tulis Indah dalam salah satu unggahannya di Instagram.


Apakah Bunda juga menjadi lebih cepat lapar saat sedang mengandung? Kalau iya, simak pembahasan berikut ini ya Bunda.

Kehilangan nafsu makan

Seiring dengan progres kehamilan, kebutuhan kalori Bunda akan meningkat. Hal ini akan membuat Bunda membutuhkan lebih banyak nutrisi seimbang. Namun, dalam beberapa kondisi Bunda pasti merasa tidak bergairah untuk makan atau bahkan tidak merasa lapar sama sekali.

Banyak wanita juga mengalami tidak tertarik pada rutinitas makan secara tiba-tiba, dan merasa berkurangnya nafsu untuk mengonsumsi makanan apapun. Ini merupakan tanda paling umum saat Bunda kehilangan nafsu makan.

Walau tampak mengkhawatirkan, kehilangan nafsu makan sangat sering terjadi, lho Bunda. Untuk beberapa orang, perubahan yang dialami tubuh saat kehamilan, kondisi naik turunnya hormon, nafsu makan dan fungsi tubuh lainnya dapat menghilang. 

Meningkatnya perubahan hormon, seperti hormon leptin dan hormon utama dalam kehamilan, human chorionic gonadotropin (hCG) dapat menyebabkan perubahan besar dalam level kelaparan, serta menyebabkan kram dan mual yang biasa dialami pada masa awal kehamilan.

Gejala yang Bunda rasakan pada trimester pertama, seperti morning sickness juga dapat membuat Bunda enggan makan. Bagi beberapa bumil, morning sickness dan mual dapat terasa lebih parah, dan secara drastis mengubah jumlah makanan yang dikonsumsi, ngidam sepanjang hari, dan membuat Bunda kekurangan beberapa nutrisi.

Bunda yang alami mual kronis memiliki kemungkinan lebih untuk alami kehilangan nafsu makan. Hilang nafsu makan juga bisa dialami Bunda yang ngidam makanan ekstrem, yang lagi, membuat Bunda menghindari beberapa jenis makanan. 

Selain itu, masalah psikis seperti depresi, cemas, dan mood swings juga dapat berdampak pada toleransi asupan makanan. Depresi pada masa sebelum melahirkan dan pas melahirkan, keduanya dapat memengaruhi asupan makanan, dan membuat Bunda mengonsumsi lebih sedikit makanan bernutrisi.

Obat-obatan yang Bunda konsumsi sepanjang kehamilan juga dapat berdampak pada kebiasaan makan. Beberapa obat dapat menurunkan nafsu makan dan meningkatkan mual, muntah, dan pusing. Beberapa ibu hamil juga disarankan untuk lebih berhati-hati pada obat-obatan yang dikonsumsi, mengingat obat yang Bunda konsumsi dapat memengaruhi kesehatan janin pula.

Ketakutan atau fobia terhadap bertambahnya berat badan juga dapat membuat perempuan mengkonsumsi lebih sedikit makanan dari seharusnya. Kebiasaan makan yang salah bisa hadir sebelum kehamilan juga akan berdampak pada kebiasaan makan.

Lalu, kapan sih Bunda akan memiliki nafsu makan kembali? Simak di halaman berikutnya ya!

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang makan mi instan saat hamil, berbahayakah untuk janin?

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 2 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 2 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
KEMBALINYA NAFSU MAKAN DI TRIMESTER KEDUA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!