sign up SIGN UP search


kehamilan

Hilang Nafsu Makan di Awal Kehamilan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya Bun

Amira Salsabila   |   Haibunda Kamis, 05 May 2022 07:00 WIB
Ibu hamil makan caption

Jakarta - Saat memasuki trimester pertama dan trimester berikutnya, Bunda akan menyadari ada banyak kejutan yang dirasakan selama kehamilan. Selain perubahan fisik, mungkin Bunda juga menjadi rentan terhadap stres dan kecemasan.

Salah satunya gangguan di awal kehamilan yang mungkin akan Bunda alami yakni hilangnya nafsu makan atau tidak berselera untuk makan.

Kehilangan nafsu makan di awal kehamilan adalah masalah umum yang hampir dihadapi oleh semua ibu hamil. Namun, mengapa hal itu bisa terjadi adalah pertanyaan yang pastinya sering terlintas di benak setiap wanita terutama ibu hamil.


Jika sedang hamil, ada banyak penyebab di balik mengapa Bunda tidak merasakan keinginan untuk makan atau tidak nafsu makan. Konon, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan pada ibu hamil.

Lalu, apa saja penyebab Bunda tidak nafsu makan di awal kehamilan dan bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasannya berikut ini, ya Bunda.

Banner cara menyimpan daun bawangCara menyimpan daun bawang/ Foto: HaiBunda/ Novita Rizki

Mengapa ibu hamil tidak nafsu makan di awal kehamilan?

Selama kehamilan, tubuh Bunda akan mengalami banyak perubahan hormonal dan mengubah penampilan tubuh Bunda. Selain pembesaran payudara, perut Bunda juga akan berubah menjadi lebih besar seiring dengan perkembangan janin Bunda.

Mengingat banyak perubahan yang terjadi selama kehamilan, seorang ibu hamil mungkin mengalami banyak ketidaknyamanan dan mungkin perlu mengubah cara hidupnya. Selain itu, fluktuasi hormon yang tinggi seperti leptin dan hormon utama kehamilan yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG) dapat menurunkan tingkat rasa lapar dan memicu kram serta mual, yang biasa dialami pada awal kehamilan.

Pada tahap awal kehamilan, hilangnya nafsu makan biasanya terjadi dengan timbulnya morning sickness pada ibu hamil. Diperkirakan hilangnya nafsu makan terjadi pada sekitar 70 hingga 85 persen ibu hamil.

Morning sickness berkembang pada ibu hamil sebagai metode naluriah untuk melindungi janin yang sangat kecil dari makanan berbahaya yang mungkin telah diambil oleh ibu hamil. Ini menjelaskan hilangnya nafsu makan yang terlihat pada ibu di trimester pertama.

Penyebab ibu hamil tidak nafsu makan

Berikut adalah beberapa faktor yang diyakini menjadi penyebab hilangnya nafsu makan Bunda selama mengandung Si Kecil di awal kehamilan:

1. Mual dan muntah

Mual dan muntah sering terjadi selama kehamilan, terutama selama trimester pertama, meskipun beberapa ibu hamil mungkin mengalami gejala ini selama kehamilan mereka. Baik kasus mual dan muntah ringan maupun ekstrem selama kehamilan dapat secara signifikan memengaruhi asupan makanan dan nafsu makan.

2. Kondisi kesehatan mental

Faktanya, ibu hamil mungkin lebih rentan terhadap masalah kesehatan mental karena berbagai perubahan fisik dan biokimia. Secara khusus, depresi dapat menyebabkan perubahan kebiasaan makan, termasuk penurunan nafsu makan dan pengurangan asupan makanan padat nutrisi.

Ibu hamil makanHilang Nafsu Makan di Awal Kehamilan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya Bun/ Foto: Getty Images/iStockphoto/LENblR

3. Obat-obatan

Obat-obatan tertentu yang aman digunakan selama kehamilan dapat menyebabkan efek samping seperti penurunan nafsu makan.

4. Makan tidak teratur

Beberapa ibu hamil mungkin akan mengalami gangguan makan, termasuk anoreksia dan bulimia. Makan yang tidak teratur dapat menyebabkan perubahan nafsu makan, fobia kenaikan berat badan, dan penurunan asupan makanan.

Lalu, bagaimana cara mengatasi ibu hamil yang kehilangan nafsu makan agar nutrisi bayi tetap terjamin? Simak di halaman selanjutnya, ya Bunda.

Simak juga yuk video tentang 7 buah yang bagus dikonsumsi saat hamil.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
CARA MENGATASI KEHILANGAN NAFSU MAKAN IBU HAMIL AGAR NUTRISI BAYI TERJAMIN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!