sign up SIGN UP search

kehamilan

Syarat Biaya Melahirkan Caesar dengan ERACS Dapat Ditanggung BPJS

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Sabtu, 02 Jul 2022 17:31 WIB
Team of doctors and nurses wear masks and gloves and prepare for surgery. caption
Jakarta -

Proses persalinan dengan metode ERACS sedang naik daun. ERACS merupakan metode melahirkan yang bisa mempersingkat masa penyembuhan ibu yang melahirkan dengan operasi caesar.

ERACS adalah singkatan dari Enhanced Recovery After Cesarean Surgery. Menurut Staf Medis Women Health Service RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, dr. Ilham Utama Surya, SpOG, metode ERACS memiliki beberapa manfaat dibandingkan persalinan dengan operasi caesar biasa atau konvensional.

"ERACS memiliki keuntungan, yakni mempersingkat waktu tinggal di rumah sakit, nyeri yang dirasakan pasca operasi dengan ERACS berkurang atau lebih sedikit dibandingkan operasi caesar biasa, luka penyembuhan lebih cepat, serta mual dan muntah berkurang," kata dokter Ilham saat dihubungi HaiBunda, beberapa waktu lalu.


Persyaratan biaya ERACS bisa ditanggung BPJS

Di Indonesia, layanan melahirkan dengan ERACS sudah tersedia di beberapa rumah sakit. Biaya melahirkan dengan metode ini bahkan dapat ditanggung oleh BPJS Kesehatan lho, Bunda.

HaiBunda menghubungi call center BPJS 165 pada Rabu (29/06/22). Petugas yang menerima panggilan mengatakan, BPJS bisa meng-cover operasi caesar dengan ERACS apabila ditemukan indikasi medis dan rekomendasi dari dokter.

Bila dari pihak dokter dan rumah sakit tidak merekomendasikan karena tidak ada indikasi, proses persalinan dengan ERACS tidak dapat di-cover oleh BPJS Kesehatan.

Rujukan dari Faskes

Untuk mendapatkan layanan ERACS, Bunda juga perlu mendapatkan rujukan dari fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama. Pihak faskes nanti akan menentukkan rumah sakit yang dirujuk untuk melahirkan.

Nah, biaya proses persalinan dengan ERACS juga dapat dicover BPJS secara penuh, Bunda. Syaratnya, sudah ada indikasi medis dari dokter dan mendapatkan rujukan dari faskes tingkat pertama ya.

Biaya persalinan ERACS yang tak ditanggung BPJS

Pelayanan melahirkan gratis dengan BPJS Kesehatan sudah banyak dirasakan para Bunda nih. Tapi, jika ada kebutuhan perawatan atau layanan yang di luar standar BPJS Kesehatan atau di luar paket persalinan, maka peserta harus menanggungnya biaya sendiri.

Untuk mendapatkan pelayanan BPJS yang maksimal, Bunda dapat menyiapkan dokumen yang lengkap ya? Apa saja? Baca halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 6 alasan medis Bunda melahirkan dengan operasi caesar, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
PERSIAPAN DOKUMEN UNTUK MENDAPATKAN PELAYANAN BPJS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!