sign up SIGN UP search


kehamilan

7 Tanda Bunda Hamil Bayi Laki-laki, Termasuk Wajah Makin Bersinar dan Bebas Jerawat?

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Rabu, 03 Aug 2022 19:05 WIB
USG 7 Tanda Bunda Hamil Bayi Laki-laki, Termasuk Wajah Makin Bersinar dan Bebas Jerawat?/Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Menebak kelamin janin mungkin menjadi hiburan tersendiri ya bagi Bunda hamil. Bahkan bukan hanya bagi Bunda, keluarga besar bisa saja sangat terhibur dengan tebak menebak ini ya. Nah, konon kelamin janin memang bisa diketahui sejak dalam kandungan lho, Bunda. Walau tanpa serangkaian tes medis. Apa benar ya?
 
Di antara pertanda yang membuktikan bahwa janin berkelamin laki-laki adalah dari detak jantungnya nih, Bunda. Detak jantung laki-laki disebut lebih rendah jika dibandingkan dengan perempuan yakni di bawah 140 detak per menit.

Ada teori yang mengatakan karena ukuran bayi laki-laki lebih besar sehingga detak jantungnya lebih cepat. 
 
Dokter Michael Randell, spesialis kandungan dan kebidanan dari Atlanta, Amerika Serikat, mengatakan bahwa terdapat banyak asumsi mengenai pertanda janin laki-laki yang sudah dipercaya para Ibu di seluruh dunia.

"Detak jantung bayi bisa bervariasi tiap harinya. Maka tidak lantas menjadi bukti valid kelamin janin yang ada dalam rahim. Harus ada serangkaian tes medis agar hasilnya bisa akurat," kata Randell pada laman Healthgrades.


Nah, sebelum melakukan USG atau tes lain untuk mengetahui kelamin janin, mungkin Bunda bisa mengamati perubahan selama kehamilan melalui beberapa hal berikut ya untuk memprediksi kelaminnya. Apa saja? Yuk kita lanjutkan. 

7 Tanda hamil anak laki-laki

Mengutip dari New Idea, berikut adalah pertanda Bunda hamil bayi laki-laki:

1. Bentuk perut bulat dan turun

Sebenarnya bentuk dan ukuran perut Bunda ditentukan oleh kehamilan yang pertama atau yang kesekian. Biasanya kalau kehamilan pertama karena otot dan kulit perut masih kencang jadi perut terlihat lebih kecil.

Tinggi perut juga sebenarnya tergantung dari tinggi badan Bunda juga. Biasanya Bunda yang pendek perutnya, akan terlihat naik saat hamil. Bunda yang punya kadar cairan ketuban yang banyak bisa menyebabkan perut terlihat lebih besar. Satu lagi, saat hamil posisi bayi dalam kandungan juga menentukan bentuk dan ukuran perut.

2. Tidak mengalami morning sickness

Saat trimester pertama, morning sickness kerap dialami banyak ibu hamil. Banyak yang meyakini bahwa Bunda dengan morning sickness parah diasosiasikan hamil perempuan. Sebaliknya, jika tanpa morning sickness atau sewajarnya mual muntah biasa adalah pertanda hamil anak laki-laki, Bunda. 

"Kami belum bisa memastikan apa penyebab perbedaan tingkat keparahan morning sickness pada setiap ibu. Ada ibu hamil yang malah tidak mengalami morning sickness di kehamilan pertamanya. Namun, morning sickness mereka menjadi lebih parah ketika hamil anak kedua atau ketiga, bahkan saat hamil laki-laki maupun perempuan sama parahnya," kata Randell.

3. Ngidam makanan asin dan asam

Banyak yang mengatakan salah satu tanda hamil bayi laki-laki adalah sering ngidam makanan yang asam dan asin, Bunda. Hasil studi belum menunjukkan bukti yang kuat kalau ngidam makanan asam dan asin berarti sedang hamil laki-laki. Akan tetapi, studi menunjukkan kalau ibu ngidam berarti ada beberapa nutrisi yang kurang di dalam tubuh.

Kita lanjut ke halaman berikutnya yuk Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang mitos perbedaan hamil bayi laki-laki dan perempuan.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
URINE LEBIH PEKAT DAN BEBAS JERAWAT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!