sign up SIGN UP search


kehamilan

Gatal-gatal setelah Melahirkan? Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya Yuk

Khesedtov Bana   |   Haibunda Kamis, 15 Sep 2022 16:35 WIB
Ilustrasi gatal caption
Jakarta -

Banyak hal yang dapat terjadi pada tubuh wanita selama hamil hingga melahirkan. Perubahan hormon yang naik turun maupun perubahan bentuk tubuh mampu membawa beberapa perubahan dan masalah pada kesehatan Bunda selama hamil hingga melahirkan.

Bahkan setelah mengandung Si Kecil selama sembilan bulan, Bunda masih akan merasakan beberapa gejala aneh pada tubuh. Salah satunya yaitu gejala gatal-gatal yang dirasakan pada bagian tubuh tertentu atau seluruh tubuh setelah melahirkan.

“Ketika itu (gatal-gatal) terjadi, rasanya kondisi tersebut tidak akan berakhir. Namun, ruam tersebut biasanya akan hilang dengan sendiri dalam waktu dua minggu setelah melahirkan.” ucap Dokter Obygn Dr. Betsy Greenleaf DO.


Gatal-gatal setelah melahirkan

Melansir dari Romper, gatal-gatal yang terjadi setelah melahirkan secara medis dikenal sebagai papula urtikaria pruritus dan plak kehamilan dalam dunia medis kondisi ini disebut sebagai pruritic urticarial papules and plaques of pregnancy (PUPPP). Kondisi ini dirasakan oleh sekitar 15% wanita baik sebelum atau sesudah melahirkan, kondisi gatal-gatal setelah melahirkan bisa sangat tidak nyaman dan bahkan menyakitkan. 

Penyebab kondisi gatal-gatal setelah melahirkan

Belum ada penjelasan yang pasti mengenai alasan atau penyebab dari kondisi gatal-gatal yang dirasakan oleh para Bunda setelah melahirkan. Namun, jelas bahwa itu adalah respons alergi atau peradangan.

Alergi bisa saja timbul dan menjadi semakin parah setelah melahirkan, hal ini disebabkan perubahan hormon yang terjadi selama hamil dan pasca melahirkan. Akibatnya, gatal-gatal yang Bunda rasakan bisa jadi disebabkan penyebab alergi pada umumnya.

Penyebab lainnya yang mungkin saja membuat Bunda merasakan kondisi gatal-gatal setelah melahirkan, yaitu disebabkan oleh fungsi hati yang berjalan lebih lambat daripada biasanya. Saat hamil, hati yang berfungsi sebagai penyaring racun dan sampah-sampah di darah menjadi lebih lambat bekerja yang membuat racun-racun tersebut menumpuk dalam darah dan menimbulkan gejala gatal-gatal.

Selain itu, gatal-gatal juga bisa jadi disebabkan beberapa hal lainnya seperti penurunan imun yang terjadi akibat stres, rasa cemas, dan kelelahan yang berlebih. Jadi, Bunda juga perlu memperhatikan kondisi kesehatan lainnya, ya.

Ciri gatal-gatal setelah melahirkan

Dr Betsy Greenleaf juga membagikan pengalamannya saat mengalami kondisi gatal setelah kehamilan pertamanya. “Menjelang akhir kehamilan pertama saya, (kondisi) itu dimulai dengan rasa gatal yang tidak bisa saya garuk, kemudian berubah sensasi menjadi seperti kulit yang terbakar matahari yang parah,” ucap Dr. Betsy Greenleaf.

Yuk, kenali cirinya di halaman berikut Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang skincare lokal yang aman untuk ibu hamil:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
CARA ATASI GATAL-GATAL SETELAH MELAHIRKAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!