sign up SIGN UP search


kehamilan

Wanita Usia 20 Tahunan juga Bisa Alami Infertilitas Lho, Simak yuk Pencegahannya

Siti Masitoh   |   Haibunda Kamis, 22 Sep 2022 07:02 WIB
Beautiful young woman looking through the window while enjoying fresh air Wanita Usia 20 Tahunan juga Bisa Alami Infertilitas Lho, Simak yuk Pencegahannya/Foto: Getty Images/iStockphoto/Ivan Nadaski
Jakarta -

Sebagai seorang wanita, terutama yang telah menikah, pasti ingin memiliki tingkat kesuburan yang baik. Namun, ternyata tak sedikit wanita yang mengalami masalah infertilitas yang menyebabkan sulitnya mendapatkan kehamilan.

Selama ini, infertilitas lebih identik dialami wanita yang memiliki usia lebih tua seperti di atas 35 tahun. hal tersebut karena memang seiring dengan usia, tubuh wanita akan mengalami beberapa penurunan kondisi.  

Namun, ternyata infertilitas bukan hanya terjadi pada wanita usia tua lho Bunda. Wanita dengan usia lebih mudh juga bisa mengalaminya. Jadi tidak usah heran apabila 20-an mengalami kesulitan hamil. Apa ya penyebab infertilitas di usia 20 tahunan?


Penyebab infertilitas pada usia 20-an 

Melansir laman Verywellfamily, infertilitas memang lebih riskan terjadi pada wanita usia 35 tahun ke atas, tetapi bisa juga dialami wanita usia muda ya Bunda. Menurut Pusat Pengendalian Penyakit AS dalam Survei Nasional Pertumbuhan Keluarga 2002, sebanyak 10 persen wanita berusia muda mencari pengobatan untuk infertilitas setiap tahunnya.

Selain itu, 7 persen pasangan yang telah menikah dalam survei tersebut melaporkan bahwa mereka telah melakukan hubungan seks tanpa kondom selama 12 bulan. Namun, belum berhasil mendapatkan kehamilan.

Secara biologis, usia muda merupakan waktu yang tepat untuk hamil. Namun, bukan berarti wanita usia muda tidak bisa menghadapi masalah kesuburan ya Bunda.

"Tidak ada yang kebal terhadap infertilitas," kata Richard Paulson, MD, kepala divisi endokrinologi reproduksi dan infertilitas di Keck School of Medicine dari University of Southern California.

Menurut laporan American Society of Reproductive Medicine tentang Age and Fertility, terdapat 7 persen wanita antara usia 20 dan 24 tidak subur, 9 persen wanita antara usia 25 dan 29 tahun tidak subur, dan 15 persen wanita antara usia 30 dan 34 tidak subur.

Wanita usia 20-an mungkin masih memiliki beberapa kebiasaan buruk sejak remaja yang menyebabkan tubuhnya mengalami infertilitas. Misalnya, banyak makan makanan junkfood.

Namun, kabar baiknya wanita berusia 20-an masih dapat mengambil langkah-langkah untuk mengoptimalkan peluang untuk hamil, Bunda. Misalnya, dengan menjaga berat badan agar tidak terlalu kurus atau berlebih. Sebab berat badan juga berperan penting dalam pembuahan.

Klik halaman berikutnya yuk Bunda untuk tahu penjelasan lebih lanjut tentang ketidaksuburan wanita usia 20-an.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 tanda infertilitas pada wanita, salah satunya kelebihan BB.

[Gambas:Video Haibunda]



program-kehamilan
Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right
CARA MENJAGA KESUBURAN WANITA PADA USIA MUDA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!