sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Perubahan Kulit yang Mungkin Muncul saat Hamil, Tak Perlu Panik ya Bun

Siti Masitoh   |   Haibunda Sabtu, 10 Sep 2022 13:31 WIB
Itching woman is pregnant Skin problems and pores in teenagers caption
Jakarta -

Masa kehamilan merupakan perjalanan yang menyenangkan ya Bunda. Walaupun memang di dalamnya terdapat tantangan. Ketika hamil, tubuh akan mengalami beberapa perubahan hormonal sehingga ibu hamil mengalami perubahan fisik.

Selama kehamilan akan terlihat perubahan misalnya muncul garis-garis merah muda kemerahan di perut. Namun, bagi sebagian wanita, hal itu akan hilang sendiri setelah melahirkan tapi ada juga yang bertahan untuk waktu lama. Sebab tidak semua ibu hamil mengalami perubahan kulit yang sama.

Perubahan kulit ibu hamil

Melansir laman Timesofindia, perubahan fisik, hormonal dan imunologis yang terjadi pada fase ini juga akan menyebabkan perubahan pada ibu hamil.


1. Tahi lalat

Pada masa kehamilan, wanita mengalami segala macam perubahan pada tahi lalat, mulai dari ukuran, bentuk, hingga warna. Namun, sebagian besar perubahan ini bersifat sementara ya Bunda.

Perubahan ini terjadi karena peregangan kulit, terutama di area payudara dan perut. Jadi, Bunda tidak khawatirkan dengan perubahan tahi lalat. Namun, tidak selamanya hal ini juga aman. Sebab beberapa perubahan tersebut, bisa menjadi tanda munculnya potensi kanker kulit.

Sebaiknya cari tahi lalat mana yang tidak simetris, memiliki batas dan memiliki kebanyakan berwarna serta memiliki diameter lebih dari 6 mm. Bunda bisa melakukan pemeriksaan rutin jika mengalaminya karena cara ini bisa membantu mengekangnya pada tahap awal.

2. Linea nigra

Banyak dari ibu hamil yang muncul seperti noda cokelat vertikal pada perutnya atau yang disebut linea nigra. Garis hitam itu terbentuk karena perubahan hormonal, Bunda. Bukan hanya di perut, garis serupa juga bisa terlihat pada pinggul dan paha.

Perubahan tersebut merupakan bagian alami dari kehamilan sehingga Bunda tidak perlu cemas. Garis-garis ini akan memudar setelah melahirkan. Namun, beberapa wanita juga mengalami eksim dan penggelapan kulit.

Jadi, jika hal ini terjadi pada Bunda dengan kondisi yang tidak terkendali, segera konsultasikan kepada dokter agar mendapat beberapa pelembap atau salep.

Klik halaman berikutnya yuk Bunda untuk melihat perubahan kulit lainnya yang Bunda mungkin alami selama kehamilan.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 masalah kulit ibu hamil:

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
PERUBAHAN KULIT MULAI DARI SKIN TAGS HINGGA JERAWAT
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!