sign up SIGN UP search


kehamilan

5 Tips agar Bunda Merasa Nyaman Bekerja Kembali setelah Keguguran

Siti Masitoh   |   Haibunda Kamis, 17 Nov 2022 16:10 WIB
Thinking asian woman. 5 Tips agar Bunda Merasa Nyaman Bekerja Kembali setelah Keguguran/Foto: Getty Images/iStockphoto/metamorworks
Jakarta -

Keguguran dapat menjadi sebuah pengalaman yang sangat traumatis bagi seorang wanita. Belum lagi dengan efek pada fisik serta emosional setelahnya. Mengalami keguguran akan selalu membawa duka entah apa pun tahap kehamilannya, ya Bunda.

Melansir laman Verywellfamily.com, penelitian menunjukkan bahwa metode paling umum digunakan seseorang saat mengatasi duka setelah keguguran adalah dengan menghindari atau membicarakan rasa kehilangan mereka.

Hal itu bisa dilakukan dengan menyibukkan diri dengan beragam aktivitas, Bunda bisa melakukan beragam kegemaran untuk perlahan mengatasi rasa duka tersebut. Namun, bagaimana dengan ibu pekerja?


Kembali bekerja di kantor setelah mengalami keguguran tentu menjadi hal yang berat bagi beberapa wanita. Padahal, setelah mengalami keguguran, seseorang tentu membutuhkan waktu untuk mengatasi kehilangan tersebut. Kembali bekerja setelah keguguran bisa saja menambah stress dan penderitaan, lho.

Tips merasa nyaman kembali bekerja setelah keguguran

Lalu bagaimana ya agar Bunda bisa kembali bekerja setelah keguguran tanpa memengaruhi kesehatan emosional dan dapat meluangkan waktu untuk berdamai dengan kehilangan? Melansir laman Timesofindia.com, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Simak yuk Bunda!

1. Luangkan waktu untuk beristirahat

Setelah keguguran, beberapa wanita mungkin tidak siap untuk segera kembali bekerja karena masih harus menenangkan diri dan membutuhkan banyak waktu untuk berduka. Dokter juga mungkin akan menyarankan Bunda untuk meluangkan waktu lebih banyak untuk beristirahat karena pulih secara fisik juga penting.

Apalagi jika Bunda melakukan pekerjaan yang membutuhkan fisik seperti mengangkat barang, ini sangat memerlukan waktu lebih lama untuk pulih sebelum kembali bekerja.

2. Bicara dengan orang

Jangan biarkan Bunda melewati keguguran dengan menderita sendirian. Cobalah untuk bercerita kepada teman dan keluarga agar mendapat dukungan mereka. Walaupun Bunda tidak ingin membicarakan hal ini kepada atasan atau rekan kerja, tapi sebaiknya dikatakan karena akan menciptakan sistem pendukung di tempat kerja.

Mereka akan mengerti mengapa Bunda harus membutuhkan waktu lebih banyak untuk beristirahat atau harus pergi lebih awal tanpa menimbulkan kecanggungan. Namun, tetaplah kontrol jumlah informasi yang akan dibagikan ya.

Sebenarnya, terserah mau seberapa banyak rekan kerja yang mengetahui kabar keguguran ini. Namun, jika merasa terlalu lelah dalam membagikan kabar keguguran ke semua rekan kerja, Bunda bisa meminta bantuan orang lain untuk membagikan beritanya sehingga tidak perlu memberitahu semua orang di kantor satu per satu.

Selain itu, saat merasa tidak siap secara emosional untuk kembali bekerja, adanya atasan dan rekan yang mengetahui tentang masalah ini akan memberikan keringanan untuk Bunda.

Klik halaman berikutnya yuk Bunda untuk tahu tips lainnya yang bisa membantu merasa nyaman untuk kembali bekerja setelah keguguran.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang waktu terbaik lakukan hubungan intim setelah Bunda menjalani kuret.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
TIPS AGAR MERASA NYAMAN KEMBALI BEKERJA SETELAH KEGUGURAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!