sign up SIGN UP search

kehamilan

Lansoprazole untuk Ibu Hamil, Ketahui Apa saja Manfaat dan Dosis Tepatnya

Melly Febrida   |   Haibunda Minggu, 13 Nov 2022 15:20 WIB
Ibu hamil minum obat caption
Jakarta -

Bunda yang memiliki masalah pada asam lambung mungkin tak asing dengan obat Lansoprazole. Obat ini salah satunya digunakan untuk mengobati refluks asam. Namun, amankah Lansoprazole untuk ibu hamil?

Dalam laman Healthline dituliskan bahwa lansoprazole ini merupakan proton pump inhibitor (PPI). Obat ini dianggap aman dan dapat digunakan selama kehamilan. Namun, Lansoprazole biasanya tidak dianjurkan selama kehamilan.

Sebelum membahas lebih dalam lagi, ketahui dulu berbagai kategori obat-obatan untuk ibu hamil dari Food and Drug Administration (FDA).


  1. Kategori A: Terbukti aman untuk ibu hamil.
  2. Kategori B: Penelitian pada hewan tidak menunjukkan risiko pada janin; tidak ada studi manusia yang memadai.

  3. Kategori C: Penelitian pada hewan menunjukkan efek buruk pada janin atau tidak ada penelitian pada hewan atau manusia.
  4. Kategori D: Penelitian pada hewan menunjukkan risiko positif pada janin, tetapi manfaatnya mungkin lebih besar daripada risikonya.

  5. Kategori X: Penelitian pada hewan menunjukkan risiko yang jelas dan tidak ada manfaat.

Lansoprazole terdaftar sebagai obat Kategori B oleh FDA. Obat ini dikatakan tidak menyebabkan kerusakan janin, tetapi penelitian pada kehamilan manusia terbatas.

Manfaat lansoprazole

Manfaat Lansoprazole ini untuk mengurangi jumlah asam yang dihasilkan lambung. Obat ini juga digunakan untuk gangguan pencernaan, mulas, acid reflux dan gastroesophageal-reflux-disease (GORD). Lansoprazole juga digunakan untuk mencegah dan mengobati sakit maag.

"Terkadang, lansoprazole digunakan untuk kondisi langka yang disebabkan oleh tumor di pankreas atau usus yang disebut sindrom Zollinger-Ellison," tulis laman NHS.

Dalam laman Drug dijelaskan pada penelitian hewan terbukti kematian janin dan berat badan janin yang lebih rendah jika dikaitkan dengan dosis tinggi. Namun belum ada data terkontrol pada kehamilan manusia.

Meski obat ini dianggap aman, beberapa orang tidak yakin dengan keamanan lansoprazole jika dikonsumsi oleh wanita hamil. Karena hanya ada sedikit informasi tentang penggunaannya selama kehamilan.

Jean Golding, PhD, seorang profesor epidemiologi pediatrik dan perinatal di University of Bristol mengatakan belum jelas apakah Lansoprazole aman selama kehamilan. 

Ada sangat sedikit studi longitudinal yang menindaklanjuti anak-anak yang ibunya menggunakan lansoprazole saat hamil. Ini berarti hanya ada sedikit data yang tersedia untuk menilai apakah obat tersebut tidak menimbulkan risiko seperti autisme atau asma atau kesulitan kognitif atau perilaku lainnya, jika ibu hamil meminum obat tersebut.

“Saya menyarankan agar wanita seharusnya mencari nasihat untuk meminum obat selama kehamilan,” kata Golding. 

Sementara Tina M. Dumont, seorang OB-GYN yang mengkhususkan diri dalam pengobatan ibu dan janin di UMassMemorial Health Care di Massachusetts, mengatakan bahwa data yang ada belum menunjukkan bahwa lansoprazole menyebabkan kerusakan signifikan pada janin.

“Namun, untuk obat apa pun, selalu ada kemungkinan risiko yang belum teridentifikasi. Selalu penting untuk mempertimbangkan manfaat minum obat terhadap risiko apa pun yang mungkin terjadi, ”katanya.

Ketahui dosis dan cara meminumnya dengan mengklik halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang cara yang perbesar peluang Bunda hamil bayi laki-laki.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
DOSIS DAN CARA AMAN KONSUMSI LANSOPRAZOLE
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!