sign up SIGN UP search

kehamilan

Manfaat Jambu Kristal untuk Ibu Hamil, Kurangi Morning Sickness hingga Sembelit

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Jumat, 18 Nov 2022 18:45 WIB
Jambu Kristal caption
Jakarta -

Konsumsi buah-buahan sangat dianjurkan selama kehamilan. Salah satu buah yang bisa Bunda konsumsi saat hamil adalah jambu kristal.

Jambu kristal atau Psidium guajava memiliki warna kulit hijau muda. Tak seperti jenis jambu lain, buah ini hampir tidak memiliki biji.

Dalam buku Bedah Detail Prospek Pemasaran Jambu Kristal oleh Ajrhee W, dijelaskan bahwa jambu kristal sebenarnya tetap memiliki biji. Tapi, bijinya memang hanya sedikit dan seperti tidak terlihat di dagingnya.


"Meski dilabeli tanpa biji, jambu kristal ini tetap mengandung biji. Hanya sekitar 3 persen biji yang ada di dalamnya. Akibatnya, daging tampak tanpa biji saat diperiksa dengan mata telanjang," tulis Ajrhee W.

Buah jambu kristal rata-rata memiliki lima biji. Hal ini disebabkan karena kromosom jambu kristal berbeda dengan buah berbiji pada umumnya.

Manfaat buah jambu kristal untuk ibu hamil

Meski berbeda dengan buah berbiji, jambu kristal tetap memiliki manfaat yang hampir sama seperti jambu pada umumnya. Bunda yang sedang hamil dapat mengonsumsi buah ini sebagai pemenuhan asupan nutrisi.

Menurut United States Department of Agriculture (USDA), dalam 100 gram jambu kristal setidaknya mengandung nutrisi, seperti 4,5 gram (gr) serat, 31 miligram (mg) kalsium, 417 mg kalium, 116 mg vitamin C, 624 IU vitamin A, 1,02 mg vitamin B1, dan 0,06 mg vitamin B2. Lalu apa manfaat buah jambu kristal untuk bumil?

Melansir dari berbagai sumber, berikut 5 manfaat jambu kristal untuk ibu hamil:

1. Menaikkan kadar hemoglobin (Hb)

Dalam penelitian yang dipublikasikan di Journal of Physics: Conference Series tahun 2019, disebutkan bahwa jambu kristal putih (daging buah) dapat meningkatkan kadar hemoglobin (Hb) dan membantu penyerapan zat besi pada bumil di trimester ketiga.

Manfaat tersebut diperoleh dari kandungan vitamin C di buah. Hasil pengujian menunjukkan bahwa dalam 100 mg jambu kristal merah mengandung vitamin C sebanyak 12,3 mg. Sedangkan di jambu kristal putih mengandung 79,9 mg vitamin C. Seperti kita tahu, vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh.

2. Menjaga daya tahan tubuh

Bunda bisa mengonsumsi jambu kristal untuk menjaga imunitas agar tak gampang sakit saat hamil. Kandungan vitamin C dan beberapa mineral di jamu kristal dapat menjaga daya tahan tubuh.

Manfaat vitamin dan mineral di buah ini bisa melindungi bumil dari gejala flu dan batuk. Kandungan nutrisinya juga dapat mengurangi lendir di tenggorokan.

Simak manfaat dan efek samping jambu kristal, di halaman berikutnya ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 4 manfaat buah kiwi untuk program hamil, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
MANFAAT DAN EFEK SAMPING JAMBU KRISTAL UNTUK BUMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!