sign up SIGN UP search

kehamilan

Coba Pregnancy Dance yuk, Bisa Bikin Janin Cerdas dan Bumil pun Happy

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Rabu, 18 Jan 2023 20:35 WIB
Ilustrasi Ibu Hamil Menari caption
Jakarta -

Siapa bilang menari tidak boleh dilakukan saat hamil? Faktanya, menari khusus bumil atau pregnancy dance merupakan salah satu olahraga yang bisa bikin tubuh bugar dan fit, Bunda.

Menurut Fisioterapis Hanna Dabbour PgCert, MSc, BSc (Hons), MCSP, menari adalah cara yang aman dan menyenangkan yang dapat dilakukan selama kehamilan. Menari adalah salah satu bentuk aktivitas fisik atau olahraga.

"Menari dianggap sebagai latihan aerobik. Aktivitas ini dapat berkontribusi terhadap 150 menit latihan sedang yang disarankan untuk dilakukan setiap minggu selama hamil," kata PgCert, dilansir Baby Centre.


Pregnancy dance yang aman untuk bumil

Kelas pregnancy dance pasti aman untuk Bunda lakukan selama hamil. Pregnancy dance biasanya dilakukan dengan memodifikasi gerakan yang aman untuk bumill dengan intensitas aerobik yang berdampak rendah.

Banyak jenis tarian yang dapat dilakukan saat hamil. Di trimester awal, Bunda bisa melakukan tarian jazz, samba, dan dance ballroom tanpa gerakan mengangkat badan.

Jenis tarian lain yang juga aman adalah belly dance. Tarian di belly dance biasanya menggunakan gerakan lambat dan terkontrol.

"Belly dance menggunakan otot perut dan punggung, sehingga dapat membantu menjaga postur tubuh yang baik selama hamil," ujar PgCert.

Jenis tarian yang tidak aman untuk bumil

Bunda perlu jeli memilih jenis tarian yang aman selama hamil ya. Ada beberapa jenis tarian yang justru harus dihindari karena bisa berbahaya untuk janin.

Jenis tarian yang dimaksud adalah tari hip hop, tarian tap, dan street dance. Gerakan di tarian tersebut tidak ideal dilakukan saat hamil karena dapat meningkatkan risiko jatuh dan memberikan tekanan pada otot dasar panggul.

Bunda juga sebaiknya tidak melakukan gerakan yang mengangkat satu kaki saat hamil. Misalnya, gerakan dalam tarian balet.

"Balet boleh dilakukan saat hamil bila sudah terbiasa. Namun, peregangan saat balet dapat memberikan banyak tekanan pada persendian, terutama sendi panggul. Berdiri dengan satu kaki juga berbahaya dan bisa menyebabkan nyeri pada panggul," ungkap PgCert.

Sebelum melakukan gerakan tarian saat hamil, Bunda sebaiknya konsultasi dulu ke dokter atau ahlinya. Ada beberapa kondisi kehamilan yang perlu menghindari gerakan dalam tarian. Paling penting adalah memilih kelas khusus pregnancy dance agar aman untuk kehamilan. 

Pregnancy dance memiliki manfaat bila dilakukan rutin selama hamil, Bunda. Apa saja manfaatnya?

Baca halaman berikutnya ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 4 olahraga yang aman untuk bumil lakukan jelang persalinan, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
MANFAAT PREGNANCT DANCE UNTUK BUMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!