sign up SIGN UP search

kehamilan

Ibu Hamil Ingin Makan Mi Instan? Ini Aturan Makan Mi dalam Sebulan & Efek Sampingnya

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Rabu, 18 Jan 2023 13:31 WIB
Makan mi instan Ibu Hamil Ingin Makan Mi Instan? Ini Aturan Makan Mi dalam Sebulan & Efek Sampingnya/Foto: Getty Images/iStockphoto/Phiromya Intawongpan
Jakarta -

Selain karena praktis, mi instan digemari banyak orang karena lezat dan aromanya menggoda, Bunda. Bahkan dianggap menggugah selera. Apalagi untuk Bunda hamil yang sedang mengalami keengganan makan ya. Mi instan mungkin menjadi salah satu pilihan makanan untuk mengembalikan nafsu makan Bunda.

Namun melansir dari Parenting First Cry, dikatakan bahwa mi instan tidak cukup aman dikonsumsi Bunda hamil lho, Bunda. Disebutkan, mi instan tidak menyediakan nilai gizi dan hanya memuaskan rasa lapar dalam beberapa waktu saja, Bunda. Sudah kurang bergizi, ternyata membuat cepat lapar kembali ya. 

Yuk simak lebih lanjut agar lebih jelas ya. 


Bolehkah ibu hamil makan mi instan?

Melansir dari Babycenter, mi instan umumnya tidak dianggap sebagai pilihan makanan yang baik untuk ibu hamil karena mengandung karbohidrat dan natrium yang tinggi, Bunda. Selain itu, mi instan memiliki sedikit nilai gizi, dan mengandung bahan pengawet. Bahan-bahan tersebut mengganggu kesehatan janin yang sedang tumbuh.

Berikut adalah kandungan mi instan yang dianggap berbahaya merujuk Parenting First Cry :

1. Garam

Mi instan mengandung tinggi garam dan dapat memengaruhi kesehatan kehamilan jika Bunda sering memakannya. Terlalu banyak asupan natrium selama kehamilan juga dapat membuat Bunda rentan terhadap hipertensi dalam jangka panjang.

2. Pengawet 

Mi instan juga dapat memiliki pewarna buatan dan aditif rasa yang bertujuan untuk memperpanjang umur simpan produk. Konsumsi berlebihan zat-zat ini saat hamil berisiko dapat menghambat pertumbuhan janin, Bunda.

3. MSG

Monosodium Glutamat atau MSG dikenal sebagai bahan umum dalam banyak makanan, terutama makanan yang memiliki cita rasa gurih. Komposisi MSG dalam mi instan umumnya cukup tinggi. Saat hamil, sebaiknya hindari konsumsi makanan yang memiliki tinggi MSG ya Bunda, termasuk salah satunya mi instan atau junk food lainnya. 

4. Lemak trans

Ditemukan dalam jumlah besar dalam makanan olahan, lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol selama kehamilan. Oleh karena itu, hindari mi dan makanan olahan sebanyak mungkin selama kehamilan.

5. Maida

Dalam penjelasannya, Parenting First Cry mengategorikan maida sebagai tepung olahan yang tidak memiliki nilai gizi sama sekali karena nutrisinya benar-benar hilang selama proses pemurnian. Oleh karenanya, menyebabkan sulit dicerna dan tetap berada di dalam sistem pencernaan untuk jangka waktu yang lebih lama. Tepung ini juga rendah serat dan dapat menyebabkan sembelit pada kehamilan.

ibu hamil makan mi instanibu hamil makan mi instan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/hxyume

 

Aturan konsumsi mi instan untuk ibu hamil

Mengutip dari Baby Center, walau minim gizi, ibu hamil tetap boleh konsumsi mi instan dengan catatan tertentu, Bunda. Di antaranya tidak boleh konsumsi tiga kali sehari. 

Tidak ada waktu yang dianjurkan kapan untuk konsumsi, sebab sebenarnya memang lebih baik Bunda hindari, namun bolehlah dengan terpaksa, Bunda mengonsumsinya dalam waktu satu bulan sekali. 

Catatan lain, jangan menjadikan mi instan sebagai makanan wajib. Sebab satu porsi mi dengan bumbu mengandung sekitar 800 mg sodium, yang merupakan lebih dari sepertiga asupan harian yang disarankan.

Untuk membuat mi instan lebih sehat, buang paket perasa dan tambahkan bumbu racikan Bunda sendiri. Seperti pok choy, selada, atau wortel. Dan tambahkan telur goreng atau daging sapi yang dimasak tanpa lemak untuk tambahan proteinnya.

Lain lagi, Mom Junction mengingatkan sebenarnya konsumsi mi instan saat hamil perlu diingat bahwa mi instan adalah makanan olahan yang tidak memberikan manfaat apa pun bagi ibu hamil atau bayinya, Bunda. 

Saat hamil, jika Bunda mendambakan sesuatu yang tidak sehat coba ingatkan diri sendiri bahwa itu tidak akan ada gunanya bagi tubuh Bunda. Setelah beberapa tahun melahirkan, Bunda bisa makan apapun yang Bunda inginkan dan memuaskan keinginan Bunda. Namun, selama kehamilan, Bunda harus menghindari makanan yang tidak sehat. 

Jaga kesehatan Bunda dan Si Kecil. Hindari mi instan dan makanan tidak sehat lainnya saat hamil untuk mencegah komplikasi dalam jangka panjang. Hal ini tidak bisa disepelekan mengingat banyaknya jenis gangguan kesehatan yang mengintip Bunda dan Si Kecil. Pesan penting yang tidak lekang zaman, lebih baik mencegah daripada mengobati ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang makan mi instan saat hamil, berbahayakah untuk janin.

[Gambas:Video Haibunda]



(pri/pri)
kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!