sign up SIGN UP search

kehamilan

6 Manfaat USG Rahim sebelum Hamil, Bisa Cek Kesuburan Bunda

Melly Febrida   |   Haibunda Rabu, 25 Jan 2023 21:25 WIB
Ilustrasi USG 6 Manfaat USG Rahim sebelum Hamil, Bisa Cek Kesuburan Bunda /Foto: Getty Images/iStockphoto/NataliaDeriabina
Jakarta -

Ultrasonografi (USG) rahim tidak hanya dilakukan pada ibu hamil. Sebelum hamil pun, wanita juga dapat melakukan USG rahim lho Bunda. Ada beberapa manfaat USG rahim sebelum hamil. 

USG rahim ini bukan hanya untuk mengecek janin, tapi juga untuk kesehatan wanita. USG rahim sebelum hamil bertujuan memeriksakan kesehatan reproduksi wanita. Dokter dapat memeriksa kondisi rahim Bunda secara menyeluruh.

Rahim itu merupakan organ berotot yang terletak di panggul, antara kandung kemih di anterior dan kolon rektosigmoid di posterior.


Manfaat USG rahim sebelum hamil

Dikutip dari laman Glown, USG sebenarnya pencitraan yang paling optimal untuk evaluasi rahim. Alat ini harus digunakan ketika pasien menunjukkan gejala adanya kelainan rahim atau organ lain di sekitarnya. 

USG uterus ini dapat dilakukan dengan transabdominal atau transvaginal. Biasanya ditentukan oleh jenis patologi uterus yang sedang dievaluasi. 

Baca Juga : USG

USG transvaginal itu lebih disukai, dengan resolusi yang lebih tinggi dan lebih dekat ke organ panggul, sehingga meningkatkan gambaran sonografi normal dan abnormal anatomi rahim. 

Namun, USG transvaginal harus dilakukan melalui vagina. Transduser dilapisi gel dan penutup plastik atau lateks. Kemudian dimasukkan ke dalam vagina, seperti memasukkan tampon.

Jika USG transvaginal tidak memungkinkan dilakukan, dokter dapat menggunakan pendekatan transrectal atau translabial. 

USG transrectal dilakukan melalui rektum Pasien cukup berbaring miring, membelakangi teknisi. Dokter akan melapisi transduser, kemudian masuk ke rektum.

Bunda mungkin merasakan ketidaknyamanan selama USG transvaginal atau transrectal saat transduser dimasukkan.

Bagaimana dengan USG transabdominal? USG tipe ini dilakukan melalui perut. Bunda berbaring telentang di atas kasur. USG transabdominal seharusnya tidak sakit. 

Teknisi menaruh sedikit gel pada transduser. Gel ini yang membantu transduser bergerak lebih lancar dan mencegah udara masuk antara perangkat dan kulit. Teknisi dengan lembut menggerakkan transduser bolak-balik di atas kulit perut. 

USG menggunakan transduser yang mengirimkan gelombang ultrasound pada frekuensi yang terlalu tinggi untuk didengar. Transduser ultrasound ditempatkan pada kulit, dan gelombang ultrasound bergerak melalui tubuh ke organ dan struktur di dalamnya.

Gelombang suara memantul dari organ seperti gema dan kembali ke transduser. Transduser memproses gelombang yang dipantulkan, yang kemudian diubah oleh komputer menjadi gambar organ atau jaringan yang sedang diperiksa.

Jenis prosedur USG yang dilakukan tergantung pada alasan dilakukannya ultrasonografi. Dokter dapat menyarankan menggunakan satu metode, tapi ada juga yang memerlukan dua metode untuk mendapatkan informasi yang diperlukan untuk diagnosis serta pengobatan.

Pemeriksaan usg 4 dimensiPemeriksaan usg 4 dimensi/ Foto: iStockphoto

Beda prosedur USG

Antara USG perut dan transvaginal ini memiliki prosedur yang berbeda. Pertama, untuk prosedur USG perut, dokter menganjurkan pasien minum 4 gelas air mineral minimal 1 jam sebelum pemeriksaan. 

Namun, jangan buang air kecil sampai pemeriksaan selesai. Membiarkan kandung kemih penuh dapat sangat membantu pemeriksaan karena organ dapat terdeteksi dan terlihat lebih jelas.

Terakhir, untuk prosedur USG transvaginal, dokter akan meminta pasiennya untuk tidak meminum air mineral atau membiarkan kandung kemih dalam keadaan kosong.

Manfaat USG rahim

Seperti dilansir laman Morula IVF, banyak hal yang dapat dilihat dengan USG rahim selain memeriksa janin. Pemeriksaan dengan USG rahim sebelum hamil dapat juga membantu Bunda yang ingin hamil mengetahui kondisi rahim dan kesehatannya.

Dokter bisa saja menemukan dan mendiagnosa penyakit pada organ reproduksi dengan lebih cepat sebelum merencanakan kehamilan.

Berikut ini beberapa manfaat USG rahim sebelum hamil:

  1. USG pada rahim belum hamil bisa mengidentifikasi ukuran, bentuk, dan posisi rahim.

  2. Selain dapat melihat kondisi rahim, juga dapat mengetahui masa subur.

  3. Dapat mendeteksi dini penyakit yang ada di sekitar organ reproduksi.

  4. Dapat mendiagnosis penyakit yang dapat menghambat proses kehamilan, pembengkakan tuba fallopi, miom, perlengketan organ, kista indung telur, radang panggul, hingga kanker. 

  5. USG juga dapat menilai jumlah sel telur yang sehat dalam indung telur. Jumlah sel telur yang terlalu sedikit bisa menjadi penyebab Bunda sulit hamil. Namun, jumlah sel telur yang terlalu banyak dan kecil-kecil juga bisa menurunkan kesuburan dan biasanya dikaitkan dengan PCOS. 

  6. USG rahim aman dilakukan saat haid. Hasil USG rahim saat haid tidak akan berpengaruh terhadap hasil dari pemeriksaan itu sendiri.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang memprediksi usia kehamilan dengan USG:

[Gambas:Video Haibunda]



(pri/pri)
kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!