sign up SIGN UP search

kehamilan

Memahami Arti Protein Urine Positif 1,2,3, dan 4 pada Hasil Cek Kehamilan

Humidatun Nisa'   |   Haibunda Selasa, 24 Jan 2023 22:00 WIB
3 PENYEBAB PROTEIN URINE TINGGI PADA BUNDA HAMIL
Cropped shot of a young woman taking a pregnancy test Protein Urine Positif 1,2,3 dan 4 pada Hasil Cek Kehamilan/Foto: Getty Images/katleho Seisa

Penyebab protein urine tinggi pada ibu hamil

Seperti penjelasan sebelumnya, protein urine tinggi pada Bunda hamil lebih banyak mengindikasikan kehamilan yang bermasalah, Bunda. Berikut penyebabnya, antara lain:

1. Infeksi saluran kencing 

Bunda hamil lebih berisiko terkena infeksi saluran kencing. Ini karena ada peningkatan tekanan dari rahim pada kandung kemih dan saluran kencing. Akibatnya memicu penyumbatan dan menghambat pengosongan kandung kemih sehingga rentan mengalami infeksi. 

Tidak hanya itu, perubahan hormon sepanjang kehamilan juga mengubah saluran kencing dan memudahkan bakteri berpindah dan memicu infeksi. Infeksi saluran kencing pada ibu hamil paling sering muncul pada minggu ke-6 sampai 24 kehamilan.


Banner Istri Aji Yusman Preeklamsia

2. Penyakit ginjal

Penyakit ginjal pada ibu hamil biasanya sudah ada sejak sebelum hamil. Kondisi kehamilan bisa saja makin memperparah. Mengingat segala perubahan tubuh dan hormon yang terjadi pada kehamilan bisa menimbulkan dampak yang berbeda-beda pada setiap Bunda. 

Pada ibu hamil dengan penyakit ginjal, apalagi kronis. Struktur dan fungsi ginjal sudah mengalami kerusakan sehingga ginjal gagal beradaptasi dengan kondisi kehamilan. Tentu saja ini sangat membahayakan ibu dan janin ya. 

3. Preeklamsia

Preeklamsia merupakan kondisi meningkatnya tekanan darah dan kelebihan protein dalam urine yang terjadi setelah usia kehamilan lebih dari 20 minggu, Bunda. Bila tidak segera ditangani, preeklamsia bisa menyebabkan komplikasi yang berbahaya bagi ibu dan janin.

Preeklamsia terkadang tidak disertai dengan gejala-gejala tertentu. Maka sangat penting bagi Bunda untuk melakukan pemeriksaan kehamilan secara teratur dan mengecek tekanan darah. Tekanan darah yang tinggi bisa menjadi gejala awal preeklamsia. Waspadai jika tekanan darah mencapai 140/90 mmHg atau lebih.

(pri/pri)
kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!