sign up SIGN UP search

kehamilan

6 Penyebab Tulang Rusuk Sakit saat Hamil, Ini Cara Mengatasinya

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Sabtu, 04 Feb 2023 12:50 WIB
Ilustrasi Ibu Hamil caption
Jakarta -

Bunda sering merasa tulang rusuk sakit saat hamil? Kondisi tulang rusuk sakit memang dapat terjadi di tiap trimester kehamilan.

Perawat senior Chaunie Brusie, RN, mengatakan bahwa tulang rusuk saat hamil adalah kondisi normal. Nyeri tulang rusuk sering terjadi karena beberapa penyebab.

"Nyeri tulang rusuk selama kehamilan sering terjadi, terutama di trimester ketiga saat bayi tumbuh besar. Meski begitu, rasa sakit ini juga bisa dirasakan sejak awal kehamilan," kata Brusie, dilansir Healthline.


Penyebab tulang rusuk sakit saat hamil

Tulang rusuk sakit saat hamil bisa membuat Bunda merasa tidak nyaman melakukan aktivitas. Dalam kebanyakan kasus, penyebabnya tidak berbahaya.

Namun, komplikasi medis terkait nyeri di tulang rusuk tetap perlu diwaspadai, Bunda. Komplikasinya mungkin ditandai dengan gejala yang ringan, lalu kemudian menjadi berat.

Nah, berikut 6 penyebab tulang rusuk sakit saat hamil yang perlu Bunda ketahui. Kenali penyebabnya untuk mengetahui pencegahan serta penanganannya.

1. Sembelit

Sembelit atau konstipasi saat hamil dapat menyebabkan sakit perut. Bunda yang mengalaminya juga akan jarang buang air besar atau feses menjadi keras.

Terkadang, bumil yang sembelit akan mengeluh sakit di perut bagian atas hingga di bawah tulang rusuknya. Bila sembelit tak kunjung sembuh, sebaiknya segera ke dokter untuk mengatasinya.

2. Heartburn

Selama kehamilan, tubuh Bunda akan memproduksi hormon relaksin. Hormon ini berfungsi untuk membantu otot dan ligamen mempersiapkan kelahiran.

Saat bekerja, hormon relaksin juga dapat menyebabkan nyeri di berbagai area tubuh. Salah satu yang terdampak adalah tulang rusuk bagian bawah yang terasa sakit.

"Rasa sakit terkadang bisa disebabkan oleh mulas. Hormon relaksin menyebabkan perut mulas karena dapat melemaskan kerongkongan, yakni saluran yang membawa makanan dari mulut ke lambung. Kondisi ini memungkinkan asam lambung naik," ujar pendidik keperawatan, Deborah Weatherspoon, Ph.D., MSN, dikutip dari Medical News Today.

Penyebab tulang rusuk sakit saat hamil lainnya, dalam dibaca di halaman berikutnya ya, Bunda.

3. Tekanan janin dalam rahim

Di akhir trimester kedua dan ketiga, rahim akan membesar untuk menampung janin yang sedang berkembang. Saat janin semakin besar, mereka dapat menekan tulang rusuk dan menyebabkan nyeri.

Beban ekstra janin di trimester akhir juga dapat menyebabkan otot-otot sekitar perut menjadi tegang. Pada akhirnya, beban ini juga memberikan tekanan pada otot-otot tulang rusuk, sehingga menjadi nyeri.

"Nyeri biasanya ringan sampai sedang. Bila rasa sakitnya semakin parah, sebaiknya segera ke dokter," kata Weatherspoon.

Baca halaman berikutnya untuk mengetahui penyebab lain dan cara mengatasi tulang rusuk sakit saat hamil.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga cara mengatasi perut kembung dan begah saat hamil, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
PENYEBAB DAN CARA MENCEGAH TULANG RUSUK SAKIT SAAT HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!