menyusui

Pakai Implan Payudara Pengaruhi Proses Ibu Menyusui?

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 27 Aug 2019 10:04 WIB
Pakai Implan Payudara Pengaruhi Proses Ibu Menyusui?
Jakarta - Karena beberapa sebab, seorang wanita ada yang memutuskan memakai implan payudara. Nah, saat memakai implan payudara, terkadang timbul pertanyaan akankah hal ini berpengaruh pada proses menyusui si kecil?

Dikatakan dr.Beta Subakti Nataatmaja, Sp.BP-RE(K) dari RS Onkologi Surabaya, jenis implan tidak memengaruhi proses menyusui. Nah, yang memengaruhi proses menyusui adalah cara memasukkan implan saat operasi.

"Kemungkinan proses menyusui lebih tinggi jika insisi untuk memasukkan implan melalui periareolar atau di sekitar puting (batas kulit dan puting), karena melalui sebagian jaringan susu," tutur Beta saat berbincang dengan HaiBunda.


Tapi, kalau insisi dilakukan di area ketiak (axillaris) dan inflammary (di bawah payudara), tidak akan mengganggu proses menyusui, Bun, karena area ini tidak melewati jaringan susu. Insisi di dua area ini juga mengurangi risiko gangguan sensoris, dibandingkan insisi di area periareolar.

Beta menambahkan, ada empat jenis implan payudara yaitu:
1. Bentuk, round dan tear drop
2. Permukaan, smooth atau textured
3. Isi, sillicone cohessive gell atau normal saline
4. Ukuran, beragam dari 100 cc sampai 500 cc.

Dihubungi terpisah, dr.Herbowo Poernomo Sp.BP-RE dari RSIA Kemang Medical Care Jakarta, mengatakan pemakaian implan payudara enggak mengganggu proses menyusui karena dipasang di bawah kelenjar susu.

"Anatomi menyusui dan pemasangan implan payudara berada di tempat yang berbeda," ujar Herbowo.

Ilustrasi implan payudara dan menyusuiIlustrasi implan payudara dan menyusui/ Foto: iStock
Nah, Herbowo bilang jenis implan payudara silicone cohessive gel lebih disarankan jika ibu menyusui hendak pakai implan karena relatif aman dan bentuknya sesuai dengan keinginan pasien. Selain itu, jenis implan payudara tersebut kata Herbowo paling sering dipakai wanita Indonesia.


Lantas, adakah risiko implan pecah atau ada gangguan pada implan ketika ibu menyusui? "Sangat jarang implan payudara pecah, kecuali tertusuk benda tajam atau dipukul dengan benda tumpul keras," kata Herbowo.

Simak juga penjelasan mengenai ukuran yang berbeda antara payudara kiri dan kanan di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi