menyusui

Kenali Tongue Tie, Kondisi yang Bisa Bikin Bayi Susah Menyusu

Siti Hafadzoh Sabtu, 12 Oct 2019 16:20 WIB
Kenali Tongue Tie, Kondisi yang Bisa Bikin Bayi Susah Menyusu Kenali Tongue Tie, Kondisi yang Bisa Bikin Bayi Susah Menyusu/ Foto: iStock
Jakarta - Apakah payudara Bunda pernah terasa sakit ketika menyusui si kecil? Coba perhatikan lidah si kecil, Bun. Jangan-jangan bayi mengalami tongue tie.

Tongue tie (ankyloglossia) adalah sebuah kondisi lidah bayi tidak dapat bergerak secara bebas. Sehingga, bayi mengalami kesulitan menyusu. Pada tongue tie, antara lidah dengan rongga mulut menempel. Kalau lip tie, antara bibir atas menempel dengan area di bawah gigi.

"Normalnya seperti ini, pada saat bayi menghisap puting ibu, di sini dia akan bisa masuk sampai ke dalam karena lidah ini juga mengakomodir supaya puting ini bisa masuk dan bayi bisa mengisap ASI dengan baik," kata dr Boy Abidin, Sp.OG (K) dalam tayangan dr.Oz Indonesia.


Pada kondisi tongue tie, bayi tidak bisa menjulurkan lidah untuk mengisap puting ibu. Sehingga, bayi bukannya mengisap tapi malah menggigit. Itulah yang membuat Bunda kesakitan ketika menyusui.

"Yang normal itu panjang lidahnya lebih dari 1,5 cm atau lebih dari 16 mm. Sedangkan, untuk yang kelas 1, yang sifat ringan itu antara 16 mm, sekitar 1,5 cm. Makin ke sini semakin pendek. Makin pendek, dia berbentuk seperti hati. Betul-betul tidak bisa digerakkan," jelas Boy.

Kenali Tongue Tie, Kondisi yang Bisa Bikin Bayi Susah MenyusuIlustrasi menyusui/ Foto: iStock

Kondisi ini dapat dikenali melalui beberapa gejala. Dilansir Mayo Clinic, berikut gejala tongue tie.

1. Kesulitan mengangkat lidah ke gigi atas atau menggerakkan lidah dari satu sisi ke sisi lai.

2. Kesulitan menjulurkan lidah melewati gigi depan bawah.

3. Lidah berlekuk atau berbentuk hati saat menjulur.

Tongue tie lebih umum terjadi pada anak laki-laki dibanding anak perempuan. Kondisi ini juga terkadang berasal dari faktor genetik.

Kondisi tongue tie dapat menghambat bayi dalam mengisap ASI. Jadi, coba dicek, Bun. Apakah bayi Bunda mengalami tongue tie?

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi