sign up SIGN UP search


menyusui

5 Penyebab Produksi ASI Menurun, Kurang Istirahat hingga Hamil Lagi

Yuni Ayu Amida Jumat, 01 May 2020 09:06 WIB
5 Penyebab Produksi ASI Menurun, Kurang Istirahat hingga Hamil Lagi caption
Jakarta - Bayi Bunda masih rewel setelah disusui? Bisa jadi karena pasokan ASI Bunda menurun, jadi bayi merasa tidak kenyang. Lalu, apa sebenarnya penyebab produksi ASI menurun?

Dikatakan ahli Obstetri dan Ginekologi bersertifikat, Meredith Shur, MD, FACOG, banyak hal yang bisa jadi penyebab menurunnya pasokan ASI. Dan jika khawatir terhadap hal tersebut, ibu menyusui harus menyadari sebab-sebab berkurangnya pasokan ASI.


"Masalah kesehatan, diet, pilihan gaya hidup, dan obat-obatan dapat memengaruhi suplai ASI Anda," kata Shur, dilansir Very Well Family.


Untuk lebih lengkapnya, berikut ini penyebab produksi ASI menurun, dilansir berbagai sumber.

1. Kurang istirahat

Sebagai ibu baru, yang harus menyusui bayi sepanjang hari, kadang bisa melelahkan. Kelelahan pascapersalinan dan kekurangan energi dapat mengganggu pemberian ASI. Ini adalah salah satu penyebab umum rendahnya suplai ASI. Itu sebabnya penting agar Bunda bisa cukup istirahat.

2. Mengabaikan kesehatan

Infeksi atau kondisi kesehatan lainnya, seperti fungsi tiroid yang rendah (hipotiroidisme) dan anemia, bisa menyebabkan tubuh menghasilkan lebih sedikit ASI. Begitu Bunda mengobati penyebabnya, tubuh dapat fokus memproduksi ASI lagi.

5 Penyebab Produksi ASI Menurun, Kurang Istirahat hingga Hamil Lagi5 Penyebab Produksi ASI Menurun, Kurang Istirahat hingga Hamil Lagi/ Foto: undefined


3. Stres

Stres fisik, emosional, dan psikologis bisa mengurangi suplai ASI. Penyebab stres umumnya seperti kecemasan, nyeri, kesulitan keuangan. Bahkan masalah hubungan dengan pasangan juga bisa mengurangi jumlah produksi ASI.

4. Hamil lagi

Jika Bunda hamil lagi saat masih menyusui, hormon kehamilan baru diketahui menyebabkan penurunan pasokan ASI. Tidak banyak yang dapat Bunda lakukan untuk menambah persediaan ASI saat hamil. Jika khawatir dengan kesehatan anak, segera konsultasikan dengan dokter.

5. Gaya hidup tidak sehat

Bunda tidak harus melepaskan semua hal yang Bunda sukai saat menyusui. Bunda masih bisa menikmati kopi pagi, namun ini semua tidak boleh berlebihan.

Terlalu banyak kafein dapat membuat tubuh dehidrasi dan menurunkan produksi ASI. Begitu pula dengan rokok maupun alkohol yang bisa menganggu produksi ASI.


Simak juga tips memperbanyak ASI dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi