sign up SIGN UP search


menyusui

Bayi Tertidur Saat Menyusu, Perlukah Bunda Membangunkannya?

Asri Ediyati Minggu, 27 Sep 2020 08:46 WIB
ilustrasi menyusui caption
Jakarta -

Si kecil selalu tertidur ketika menyusu? Kondisi semacam ini membuat banyak Bunda galau karena takut anaknya kekurangan ASI. Kemudian timbul pertanyaan perlukah si kecil dibangunkan atau tidak?

"Saya mendapat pertanyaan tentang ini setiap hari," kata Beth McMillan, konsultan laktasi Ottawa.

"Dan jawabannya adalah ya, dan tidak. Ada kalanya baik-baik saja, dan ada kalanya itu menjadi perhatian," sambungnya, dikutip dari Today's Parent.


Kapan kita perlu khawatir jika bayi tertidur saat menyusu? McMillan mengatakan kita perlu khawatir jika bayi terlihat tidak melakukan perlekatan dengan benar dan pasokan ASI kita terasa menurun.

"Bayi yang kesulitan untuk menyusu secara efektif di masa-masa awal terkadang akan tertidur saat menyusu meskipun mereka tidak mendapat banyak ASI," jelas McMillan.

Bayi-bayi mungkin tertidur setelah beberapa saat menyusu karena mereka mudah lelah, atau mereka mungkin berhenti karena frustrasi akibat tidak mendapatkan ASI yang mereka inginkan, dan hanya pergi tidur.

Nah, untuk membuat bayi tetap terjaga saat menyusui, dokter anak Dr. Arti Sharma membagikan tips nih, Bunda. Pertama, coba perbaiki jadwal tidur malam dan tidur siang bayi.

"Mulailah hari Bunda dengan memberi diri waktu 30 atau 90 menit dan beri makan bayi di awal hari, segera setelah bayi bangun. Beri makan berikutnya setelah tidur siang," kata Sharma, dikutip dari Parenting Firstcry.

Dengan cara ini, bayi akan terjaga saat menyusu karena baru saja selesai tidur siang. Namun, jika siklus tidur bayi 120 menit atau lebih lama, Bunda bisa memberi ASI kedua selama 20 menit sebelum tidur siang, agar bayi tidak bangun terlalu dini karena lapar.

Sharma juga menyarankan untuk selalu melakukan trial and error pada posisi menyusui, jadwal menyusui, lalu periksa kondisi bayi. Bisa juga modifikasi ruangan menyusui untuk terlihat lebih terang agar anak tahu kalau itu waktunya menyusui.

"Tidur saat disusui bukanlah masalah besar, karena bayi mungkin melakukannya saat lelah. Namun, itu menjadi masalah jika dia tidak cukup minum, yang mungkin membuatnya kurus. Gunakan tips di atas untuk membuatnya tetap aktif dan mencegahnya tertidur terlalu cepat," ujar Sharma.

Simak juga cara mencegah kehamilan bagi ibu menyusui:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi