sign up SIGN UP search


menyusui

Jarak Kehamilan Dekat, Bolehkah Ibu Hamil Memompa ASI?

Asri Ediyati Minggu, 27 Sep 2020 15:55 WIB
Asian pregnant women choosing a breast pump milk before give birth caption
Jakarta -

Hamil sambil menyusui, terkadang harus Bunda lalui akibat jarak kehamilan yang terlalu dekat. Beberapa kekhawatiran pun kerap Bunda rasakan, termasuk kebutuhan nutrisi untuk si Kakak yang masih menerima ASI.

Demi mencukupi nutrisi si Kakak, tak jarang ada yang terpikir untuk menyiapkan stok ASI perah. Tapi sebenarnya, bolehkan ibu hamil memompa ASI?

Konselor laktasi dr.Ameetha Drupadi, CIMI, mengatakan bahwa memompa ASI atau menyusui anak diperbolehkan, selama tidak ada riwayat kontraksi atau perdarahan.


"Kalau sebelumnya sudah lahir anak pertama kemudian jaraknya dekat, tetapi tidak ada riwayat kontraksi atau riwayat perdarahan itu boleh, kalau memang ASI-nya masih keluar dan mau ditampung, atau mau disusui ke bayinya (tandem nursing)," kata Ameetha di Live Instagram HaiBunda Tanya Expert, baru-baru ini.

Akan tetapi, memang harus diperhatikan semua syaratnya, Bunda. Ameetha menyebutkan bahwa syarat pertama tidak keluar flek atau darah. Kemudian, Bunda tidak mengalami kontraksi, karena dengan menyusui bisa meningkatkan risiko kontraksi.

"Takutnya lahir sebelum waktunya kan. Jadi selama tidak ada gejala itu, boleh (tetap menyusui dan pumping)" kata Ameetha.

Akan tetapi, bagi Bunda yang baru hamil anak pertama dan keluar cairan dari payudara jangan memompanya. Sebab, itu bukan ASI yang keluar melainkan cairan bening dari kelenjar payudara. Jadi belum bisa ditampung dan tidak perlu dipompa.

ASI akan keluar ketika anak sudah lahir, ketika tubuh juga sudah bersiap untuk memproduksi ASI. Nah, penting juga diingat, selama hamil Bunda tidak perlu memerlukan perawatan apapun.

"Ketika hamil, persiapan buat menyusui adalah informasi dan edukasi seputar menyusui. Jadi tidak perlu memijat payudara atau perawatan lainnya," kata Ameetha.

"Itu belum perlu, kecuali kalau bayi sudah lahir. Karena supaya tidak merangsang kontraksi tadi," ucapnya.

Semoga informasi tentang boleh tidaknya memompa ASI saat hamil karena jarak kehamilan dekat, bisa membantu ya.

Simak juga cara aman cegah kehamilan pada ibu menyusui:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi