sign up SIGN UP search


menyusui

4 Jenis Makanan yang Perlu Ada di Menu Makan Siang Ibu Menyusui

Asri Ediyati Senin, 05 Oct 2020 08:05 WIB
ilustrasi ibu hamil makan caption
Jakarta -

Seperti halnya ibu hamil, ibu menyusui juga perlu konsumsi makanan yang sehat dengan gizi seimbang. Ya, apa yang Bunda makan saat menyusui dapat mempengaruhi tubuh dan bayi yang sedang tumbuh.

Menurut Donna Murray, RN, BSN, ketika Bunda konsumsi makanan sehat, akan membantu untuk mengganti nutrisi yang hilang dari tubuh melalui menyusui. Serta memastikan bahwa ASI bergizi untuk si kecil.

Sayangnya, tidak selalu mudah untuk mendapatkan semua nutrisi yang Bunda butuhkan. Terkadang rasa lelah usai melahirkan dan menyusui seakan mengalahkan niat untuk rajin masak makanan sendiri di dapur.


"Anda sibuk dan lelah. Selain itu, jika Anda tidak memiliki banyak bantuan, mungkin sulit untuk mengurus semua yang harus Anda lakukan dalam sehari," tulis Murray, dikutip dari Very Well Family.

Untuk itu, enggak perlu memaksakan diri konsumsi bervariasi makanan, Bunda cukup memastikan empat jenis makanan ini ada di menu makan siang. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini:

1. Makanan kaya zat besi

Dengan hari-hari sibuk, Bunda membutuhkan energi. Makanan kaya zat besi bukan hanya pilihan bergizi bagi para ibu, tetapi juga untuk si kecil saat Bunda terus menyusui. Bunda bisa membuat sup bayam, tumis kangkung, atau sup dengan kacang-kacangan.

2. Makanan yang mengandung air

Tetap terhidrasi sepanjang hari sangat penting untuk membuat Bunda merasa stabil dan fokus. Pasokan air yang cukup penting untuk membantu menjaga suplai ASI.

Selain itu, air juga efektif dalam mencegah gejala terkait dehidrasi seperti kram, lemas, lesu, dan sakit kepala. Oleh karena itu Bunda bisa konsumsi makanan kaya air seperti irisan mentimun, kembang kol, brokoli, stroberi, dan melon saat sedang musim.

3. Makanan kaya protein

Sumber yang kaya protein tidak hanya akan membuat Bunda tetap kenyang lebih lama, tetapi juga memberi Bunda energi. Ya, ibu menyusui juga membutuhkan protein tambahan.

Jadi, cobalah untuk memasukkan sumber protein pada setiap makan, terutama waktu makan siang. Ini untuk membantu tenaga di paruh kedua hari itu. Bunda bisa makan ayam, tempe, tahu, putih telur.

4. Kacang dan biji-bijian

Kacang dan biji-bijian tersedia dalam berbagai wujud berbeda. Bahkan melalui minyak atau selai kacang. Kacang dan biji seperti almond, biji rami dan biji wijen telah dianggap sebagai laktogenik (penambah suplai ASI).

Bunda bisa membuat sandwich dari selai kacang, menambahkan biji di atas salad, atau bahkan menambahkan kacang atau biji-bijian ke campuran smoothie.

Jadi jangan lupakan empat jenis makanan di atas untuk dimasukkan ke menu makan siang ya, Bunda.

Simak juga tips memperbanyak ASI saat menstruasi:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi