sign up SIGN UP search


menyusui

Tips Memperlancar ASI Ala Istri Fedi Nuril hingga Bisa Donor ASI

Erni Meilina Sabtu, 28 Nov 2020 14:41 WIB
Makanan Bergizi untuk meningkatkan ASI
Ibu menyusui caption

4. Biji wijen

Biji wijen adalah sumber kalsium non-susu yang bagus, yang sangat penting untuk pertumbuhan si kecil. Setelah melahirkan, Bunda pun akan membutuhkan kalsium untuk pemulihan yang efektif. Bunda dapat menggunakan biji wijen ke dalam masakan Bunda.

5. Pepaya mentah

Selain meningkatkan produksi ASI, pepaya mentah juga berfungsi sebagai obat penenang alami yang akan membantu Bunda rileks. Bunda bisa memakan pepaya mentah dengan mengolahnya menjadi salad. Pepaya mentah dianggap sebagai galactagogue terbaik di berbagai negara Asia.

6. Wortel

Wortel kaya akan vitamin A yang juga berfungsi untuk meningkatkan kualitas produksi ASI. Makan wortel mentah dalam bentuk salad atau jus dan minumlah secangkir di pagi hari saat sarapan. Wortel tersedia di mana saja di seluruh dunia dan merupakan salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan laktasi.


7. Oatmeal

Oatmeal sangat bagus untuk mengendalikan diabetes pasca melahirkan sekaligus menjadi sumber energi yang hebat. Oatmeal kaya serat, yang memiliki efek positif pada sistem pencernaan Bunda. Bunda bisa makan gandum untuk sarapan. Ahli gizi merekomendasikan menambahkan gandum ke makanan ibu menyusui untuk meningkatkan produksi ASI.

8. Nasi merah

Nasi merah disarankan sebagai bagian dari pola makan pasca melahirkan seorang Ibu. Nasi merah bermanfaat untuk menyusui karena diyakini dapat merangsang hormon yang bertanggung jawab untuk produksi ASI. Nasi juga sangat bermanfaat bagi Bunda karena memberi energi yang Bunda perlukan untuk perawatan pasca melahirkan. Masak nasi merah di dalam panci presto atau rice cooker dan makan bersama sayuran, Bunda.

9. Ubi

Ubi kaya akan karbohidrat yang sangat penting untuk memberi energi pada Bunda. Ubi kaya akan Vitamin C, B kompleks, dan magnesium. Bunda bisa memasak ubi dengan berbagai cara, baik dalam hidangan gurih maupun manis.

10. Air

Saat mempertimbangkan apa yang harus dikonsumsi untuk meningkatkan produksi ASI, orang sering kali mengabaikan air. Tetap terhidrasi sangat penting untuk meningkatkan produksi ASI, jadi ingatlah untuk minum banyak air sepanjang hari. Minumlah setiap gelas secara berkala, alih-alih meminumnya dalam jumlah besar sekaligus.

(rap/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Rekomendasi