sign up SIGN UP search


menyusui

3 Kondisi yang Terjadi Jika Mastitis Tidak Segera Ditangani

Annisa Karnesyia   |   Haibunda Selasa, 08 Dec 2020 18:38 WIB
Komplikasi Mastitis pada Ibu Menyusui
Young mother breastfeeding at home, bonding with baby child toddler caption

Jika tidak segera ditangani, mastitis bisa menyebabkan komplikasi. Mengutip Very Well Family, berikut 3 komplikasi mastitis pada ibu menyusui:

1. Abses payudara

Abses adalah benjolan lembut berisi cairan di payudara. Kondisi ini bisa terjadi akibat mastitis, Bunda.

Jika ibu mengalami abses, dokter mungkin perlu melakukan tindakan medis. Tindakan berupa operasi kecil untuk mengeluarkan cairan dengan jarum.


2. Thrush

Thrush disebabkan infeksi jamur. Jamur ada di dalam tubuh ibu dan bisa tumbuh, Bunda.

Thrush dapat menyebabkan infeksi payudara dengan masuk melalui puting ibu yang meradang. Kondisi ini juga dapat berkembang akibat mastitis.

3. Menyapih dini

Menyapih dini bisa menjadi pilihan terakhir ibu yang mengalami mastitis. Kondisi mastitis bisa memaksa ibu menghentikan pemberian susu karena rasa sakit yang timbul di payudara.

Sebenarnya, ibu tidak perlu berhenti menyusui karena kondisi ini. Berhenti menyusu tiba-tiba justru bisa membuat mastitis menjadi lebih parah dan menyebabkan abses payudara.

Bunda perlu ingat, gejala mastitis bisa sembuh kok. Paling penting mastitis segera ditangani dengan pengobatan yang tepat.

(ank/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!