sign up SIGN UP search


menyusui

7 Cara Tingkatkan Produksi ASI Setelah Sakit, Bisa dengan Pompa Lho

Annisa Karnesyia Minggu, 27 Dec 2020 11:39 WIB
Menyusui caption
Jakarta -

Saat menyusui, Bunda benar-benar harus menjaga kesehatan. Jika Bunda sudah terlanjur sakit, produksi ASI mungkin bisa menurun.

Selama sakit, ibu diharapkan menjaga asupan makan agar tetap bisa menyusui buah hatinya dengan maksimal. Selain itu, ibu juga harus mengamati suplai ASI lho.

"Ibu mungkin mengalami penurunan produksi ASI selama sakit, tetapi biasanya hanya sementara. Umumnya akan kembali normal setelah ibu sembuh," kata perawat bersertifikat, Donna Murray, RN, BSN, mengutip Very Well Family.


Selama sakit, ibu membutuhkan energi ekstra untuk melawan penyakitnya. Dalam kondisi ini, ibu harus menjaga tingkat energi untuk menyediakan ASI yang sehat untuk bayinya.

Setelah sembuh dari sakit, Bunda mungkin khawatir suplai ASI akan terus menurun atau sulit kembali normal. Hal ini wajar terjadi dan bisa diatasi kok.

Bunda bisa melakukan 7 cara berikut untuk meningkatkan produksi ASI setelah sembuh dari sakit, seperti dilansir Flo:

1. Santai atau tidak stres

Stres dan kecemasan bisa menghambat produksi ASI, Bunda. Cobalah untuk tenang sebanyak mungkin dengan berada di ruangan yang nyaman.

Bunda bisa juga melakukan pijat payudara ya. Sesekali luangkanlah waktu untuk me time setelah sakit.

2. Pompa ASI sesering mungkin

Sering memompa ASI bisa mendorong tubuh meningkatkan produksinya. Usahakan untuk memompa selama kurang lebih 15 menit setiap beberapa jam. Pompalah kedua payudara dalam waktu yang sama untuk hasil maksimal.

3. Menyusui sesuai permintaan bayi

Semakin banyak ibu menyusui bayinya secara langsung, semakin baik produksi ASI. Cobalah untuk mengatur jadwal menyusui si kecil dalam sehari.

Untuk tahu 4 cara meningkatkan produksi ASI setelah ibu sakit, BACA HALAMAN BERIKUTNYA ya.

Simak juga cara memperbanyak ASI saat menstruasi, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner liburan di masa pandemi
(ank/rap)
Cara Tingkatkan Produksi ASI Setelah Sakit, Bisa dengan Pompa Lho
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi