sign up SIGN UP search


menyusui

Cara Bedakan Benjolan Payudara Akibat Masalah Menyusui dan Kanker

Erni Meilina Selasa, 12 Jan 2021 14:52 WIB
Faktor-faktor Penyebab Payudara Memiliki Benjolan Saat Menyusui
Mother breastfeeding her baby boy in arms, sitting on bed. caption

Jika pembengkakan atau mastitis tidak segera ditangani, hal ini dapat menyebabkan abses payudara. Benjolan di ketiak juga bisa dikaitkan dengan menyusui karena jaringan payudara meluas ke ketiak.

Kemungkinan, penyebab lain dari benjolan termasuk kista berisi ASI (galactoceles), kista dan tumor jinak (fibroadenoma), dan jarang terjadi adanya kanker payudara. Bunda bisa langsung tanyakan kepada ahli kesehatan tentang benjolan yang tidak hilang setelah seminggu atau lebih, atau yang memang Bunda khawatirkan ya.

Benjolan payudara yang persisten mungkin memerlukan pemeriksaan medis untuk menentukan penyebabnya. Untuk sebagian besar tes, misalnya dengan ultrasonografi, mammogram, CT scan, MRI scan, biopsi jarum dan biopsi inti yang tidak akan mengganggu aktifitas Bunda saat menyusui si kecil.  For your information, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan payudara memiliki benjolan saat menyusui.


Faktor-faktor penyebab payudara memiliki benjolan saat menyusui:

1. Pembengkakan

Pada minggu-minggu awal menyusui, biasanya payudara menjadi terlalu penuh dengan ASI, sehingga terasa menggumpal dan tidak nyaman. Ini disebut pembengkakan. Pembengkakan sering terjadi pada tahap awal menyusui, tetapi dapat terjadi setiap kali pengosongan payudara tidak tuntas.

Gejala pembengkakan biasanya akan hilang saat payudara sudah kosong. Kondisi ini juga dapat mereda seiring waktu karena tubuh Bunda akan menyesuaikan dengan kebutuhan bayi akan ASI. Philipa mengatakan, “Beberapa pembengkakan saat ASI Anda pertama kali masuk dan dalam beberapa minggu pertama bisa jadi hal yang normal, tetapi payudara bengkak yang membengkak di waktu lain mungkin berarti bayi Anda tidak mengeluarkan ASI dari semua area payudara,” jelasnya dikutip dari Breast Feeding.

2. Saluran yang tersumbat

Sel-sel khusus di payudara menghasilkan ASI sebelum mengalir dari saluran kecil ke puting susu. Jika air susu terlalu jarang untuk dikeluarkan maka hal ini dapat menyumbat saluran. Hal ini dapat menyebabkan ASI terperangkap di jaringan payudara, yang dapat membentuk benjolan dan yang akan menyebabkan timbulnya rasa sakit. Dalam kebanyakan kasus, pijat payudara dan kompres dengan air hangat dapat membantu mengatasi saluran yang tersumbat.

Klik BACA HALAMAN BERIKUTNYA ya, Bunda.

Kista Menjadi Faktor Adanya Benjolan di Payudara Saat Menyusui
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi