sign up SIGN UP search


menyusui

Cara Bedakan Benjolan Payudara Akibat Masalah Menyusui dan Kanker

Erni Meilina Selasa, 12 Jan 2021 14:52 WIB
Kista Menjadi Faktor Adanya Benjolan di Payudara Saat Menyusui
Gumpalan pada payudara wanita yang sedang menyusui sering kali membuat wanita khawatir apakah ada kaitannya dengan kanker payudara? Simak penjelasannya. caption

3. Mastitis

Mastitis adalah peradangan atau infeksi pada payudara. Kemungkinan besar terjadi setelah pembengkakan atau saluran yang tersumbat. Jika ASI tersangkut di payudara, protein susu dapat menumpuk dan akhirnya mulai bocor ke jaringan sekitarnya. Selain benjolan, mastitis juga dapat menyebabkan hal-hal seperti kemerahan pada payudara, demam, menggigil, dan rasa tidak enak badan.

Jika Bunda memiliki mastitis atau peradangan pada payudara, jangan khawatir ya. Menyusui dapat membantu mengeluarkan ASI yang terperangkap dari jaringan, yang merupakan cara terbaik untuk meredakan gejala.

4. Abses payudara

Abses adalah komplikasi mastitis yang jarang terjadi tetapi berbahaya. Ini adalah salah satu cara tubuh menangani infeksi untuk mencegahnya menyebar ke seluruh tubuh. Bagian tengah abses berisi kantong nanah dan bakteri.  Abses biasanya akan terasa seperti benjolan yang nyeri dan bengkak di dalam payudara, dan Bunda yang mengalami abses mungkin akan merasakan demam. Begitu abses terbentuk, jaringan yang terinfeksi di tengah tidak dapat keluar. Abses membutuhkan perawatan medis segera. Sebaiknya segera berkonsultasilah ke tenaga professional ya, Bunda.


5. Kista

Yang terakhir ketika payudara Bunda terasa ada benjolan, mungkin saja ini adalah kista. Kista kecil, yang dikenal sebagai galactoceles, terkadang bisa terbentuk di payudara. Kista mengandung susu dan bisa datang dan pergi tergantung berapa banyak ASI yang ada di payudara. Benjolan kecil ini biasanya tidak terasa nyeri dan akan hilang setelah laktasi selesai.

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi