sign up SIGN UP search


menyusui

7 Aktivitas Berbahaya Jika Bunda Lakukan Saat Masih Menyusui Si Kecil

Erni Meilina Minggu, 10 Jan 2021 17:40 WIB
Tired mother holding her newborn child at home after tying to pump. caption

Jakarta – Perlu Bunda ketahui bahwa ada hal-hal yang harus dihindari selama proses menyusui. Beberapa aktivitas perlu Bunda hindari karena akan membahayakan si kecil dan juga akan memengaruhi produksi ASI lho.

Meskipun beberapa hal sudah menjadi kebiasaan Bunda, ada baiknya jika harus memikirkan dampak jangka panjang yang akan terjadi. Agar Bunda dan si kecil lebih sehat, ada baiknya Bunda meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk Bunda yang dapat membahayakan si kecil ya.

Dikutip dari Fox News, ada 7 kegiatan berbahaya untuk kesehatan si kecil jika terus Bunda lakukan. Bukan tidak mungkin kebiasaan buruk itu juga akan memengaruhi produksi ASI. Nah, agar tidak salah langkah, yuk disimak baik-baik.


1. Merokok

Bagi kebanyakan wanita yang merokok, kehamilan adalah pendorong yang mereka butuhkan untuk bisa berhenti merokok. Faktanya, wanita yang berhenti merokok karena kehamilan terus menjauhkan diri dari kebiasaan itu 26 minggu setelah mereka melahirkan.

Sebuah studi tahun 2010 di jurnal Nicotine and Tobacco Research menemukan, jika Bunda melakukan kebiasaan merokok lagi setelah kehamilan, bukan hanya racun dari rokok yang masuk ke dalam ASI Bunda yang menjadi masalah, tetapi paparannya saja sudah berbahaya.

Para ahli mengatakan bahwa nikotin yang diencerkan, sebagian kecil akan melewati ASI. Meskipun paparan asap merupakan faktor risiko Sindrom Kematian Bayi Mendadak (SIDS), menyusui sebenarnya melindungi terjadinya SIDS, jadi wanita yang merokok tetap harus menyusui.

“Meskipun mungkin ada sesuatu dalam ASI yang kami lebih suka bayi tidak memilikinya, ada begitu banyak bayi akan melalui ASI sehingga ia tidak akan melalui susu formula sehingga akan jauh lebih baik baginya untuk diberi ASI,” jelas Diana West, seorang konsultan laktasi bersertifikat internasional dan direktur hubungan media untuk La Leche League di Chicago, Illinois..

2. Berbagi tempat tidur

Apakah Bunda tidur dengan si kecil di ranjang yang sama dan sering tertidur saat menyusui? Hati-hati ya, Bunda, karena berbagi tempat tidur dengan anak yang masih bayi bisa berbahaya lho. Sekitar 3.500 bayi meninggal setiap tahun di Amerika Serikat karena kematian terkait tidur, termasuk sindrom kematian bayi mendadak (SIDS), kematian yang tidak jelas, mati lemas dan pencekikan yang tidak disengaja, menurut American Academy of Pediatrics (AAP).

Pada tahun 2016, AAP mengeluarkan pernyataan kebijakan tentang tidur yang aman dan mengakui pentingnya menyusui untuk mencegah SIDS. Mereka juga merekomendasikan bayi berbagi kamar tidur dengan orang tua mereka sampai mereka berusia 1 tahun atau setidaknya selama enam bulan dan mengatakan bayi harus diletakkan telentang serta dengan tempat tidur yang terpisah, seperti di keranjang bayi, boks bayi tanpa seprai, selimut atau bantal di dekat kepala atau wajah bayi.

3. Pakai bra ketat  dan berkawat bisa mastitis

Bunda yang sedang menyusui kerap kali ada yang memiliki masalah mastitis atau peradangan payudara yang lebih tinggi. Menurut penelitian, peradangan payudara yang terjadi mempengaruhi sekitar 10 persen wanita.

Bunda lebih mungkin terkena mastitis jika payudara Bunda penuh, jika saluran ASI tersumbat, atau jika Bunda mengenakan pakaian ketat atau bra berkawat. Mastitis biasanya tidak menyebabkan infeksi pada ASI tetapi pada jaringan di sekitar payudara.

Gejalanya bisa berupa kemerahan, nyeri tekan, atau kaku di sekitar payudara. Bunda mungkin juga mengalami demam dan kelelahan. Dokter yang menangani mungkin meresepkan antibiotik, tetapi Bunda harus terus menyusui karena mengosongkan payudara Bunda dapat mengatasi mastitis dan cairan lambung si kecil dapat membunuh bakteri jika Bunda mengalami infeksi. Selain itu, banyak istirahat dan minum air putih agar cepat merasa lebih baik, ya Bun.

Untuk mengetahui bahaya lainnya, BACA HALAMAN SELANJUTNYA.

Nah, agar Bunda menyusui tidak mengalami mastitis seperti Citra Kirana, simak cara mencegahnya seperti dalam video di bawah ini ya:

[Gambas:Video Haibunda]

Artis penyintas COVID-19



(rap/rap)
Minum Alkohol Saat Hamil Membahayakan Janin
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi