sign up SIGN UP search


menyusui

7 Manfaat Gandum untuk Ibu Menyusui, Lancarkan ASI hingga Turunkan Bobot

Jumat, 08 Jan 2021 19:00 WIB
9 Grain Bread caption
Jakarta -

Saat menyusui, Bunda tentu perlu mengonsumsi makanan sehat agar produksi ASI lancar. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan gandum atau oat.

Manfaat gandum untuk ibu menyusui memang tak perlu diragukan lagi. Banyaknya nutrisi dan serat yang terkandung pada gandum disebut mampu meningkatkan kualitas ASI. Bahkan, nutrisi tersebut juga dapat membantu Si Kecil membangun sistem kekebalannya.

Lalu, nutrisi apa saja sih Bunda yang ada dalam gandum dan apa saja manfaat gandum untuk ibu menyusui? Melansir dari Firstcry Parenting dan Verywell Family, berikut manfaat gandum untuk para ibu menyusui.


Manfaat gandum untuk ibu menyusui:

1. Meningkatkan suplai & kualitas ASI

Gandum mengandung beta-glukan yang dapat meningkatkan kualitas ASI menjadi lebih sehat dan segar. Beta-glukan merupakan sejenis serat yang disebut dapat meningkatkan kadar hormon prolaktin menyusui, yang berdampak positif pada produksi ASI.

2. Mempermudah proses menyusui

Bagi Bunda yang sering kesulitan saat menyusui si kecil, ternyata gandum bisa mempermudah proses menyusui lho. Di dalam gandum terkandung zat besi yang baik untuk ibu menyusui. Hal ini mengingat ibu menyusui dengan suplai zat besi yang lebih rendah terkadang mengalami kesulitan saat menyusui. Namun, gandum akan menaikkan level tersebut dan membuat proses menyusui lebih mudah.

3. Melancarkan ASI

Manfaat gandum untuk ibu menyusui lainnya, yakni dapat melancarkan ASI. Ketika menyusui, Bunda mungkin sering kali mengalami kelelahan atau stress sehingga ASI menjadi seret.

Gandum mengandung saponin, zat dengan efek positif pada hormon yang berhubungan dengan produksi ASI. Gandum juga memiliki estrogen tumbuhan, yang sering dikaitkan dapat menstimulasi kelenjar susu dan produksi ASI yang lebih besar.

Bukan hanya itu saja Bunda, gandum juga ternyata dapat membantu Bunda tetap tenang dengan melepaskan oksitosin dan relaksin. Hal ini tentu dapat merangsang proses produksi susu dan membantu aliran ASI.

4. Membuat rileks

Bunda pasti pernah mengalami lelah, stres, atau hal lainnya yang mengganggu mental saat menyusui. Padahal hal tersebut bisa mempengaruhi produksi ASI Bunda. Oleh karena itu, Bunda perlu menenangkan pikiran salah satunya dengan mengonsumsi gandum,

Manfaat gandum untuk ibu menyusui memang beragam. Dengan kandungan vitamin B, gandum dapat membantu Bunda melawan kelelahan, kemarahan, stres, dan penyakit mental lainnya karena bisa membantu menenangkan pikiran.
Vitamin B juga membantu meningkatkan energi, meningkatkan mood dan melawan rasa cemas dan depresi.

5. Membantu diet pasca persalinan

Usai persalinan, banyak Bunda yang langsung melakukan diet agar mendapatkan bentuk badan semula. Namun, alih-alih mendapatkan badan yang ideal, beberapa justru mengalami kekurangan gizi karena diet yang salah. Akibatnya Si Kecil malah jadi kekurangan nutrisi.

Biar Bunda bisa tetap sehat saat diet, Bunda bisa konsumsi gandum saat menyusui. Selain punya banyak nutrisi, serat pada gandum juga membantu mengurangi rasa lapar dengan membantu perut merasa kenyang lebih lama.

6. Meningkatkan kesehatan

Tak hanya baik untuk ASI, gandum juga bisa meningkatkan kesehatan ibu menyusui. Nutrisi gandum mampu menurunkan tekanan darah, menstabilkan gula darah, yang tentunya baik untuk kesehatan tubuh terutama jantung. Ada pula serat beta-glukan yang membantu Bunda menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

7. Menyehatkan dan menghaluskan kulit

Usai persalinan, Bunda mungkin ingin mendapatkan kembali kulit yang sehat dan halus. Bunda juga bisa memanfaatkan gandum sebagai masker lho. Gandum, terutama oat, sering digunakan dalam krim pelembab atau produk mandi karena dapat menyembuhkan gatal dan iritasi pada kulit seperti eksim dan psoriasis.

Bunda, yuk simak jumlah konsumsi harian gandum untuk ibu menyusui di halaman selanjutnya.

Lihat juga resep mengolah gandum yang juga bisa sebagai makanan diet, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

Artis penyintas COVID-19Artis penyintas COVID-19/ Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari
(rap/rap)
5 menu olahan gandum untuk ibu menyusui
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi