sign up SIGN UP search


menyusui

4 Manfaat Oatmeal bagi Ibu Menyusui, ASI Booster yang Ampuh

Nanie Wardhani   |   Haibunda Rabu, 05 Jan 2022 10:45 WIB
Ilustrasi ibu menyusui makan oatmeal caption

Makanan atau minuman apa pun yang Bunda menyusui konsumsi tentu akan berdampak secara langsung. Baik pada kandungan yang diserap ASI maupun terkait dengan suplainya.

Salah satu jenis makanan yang sering direkomendasikan untuk meningkatkan jumlah produksi ASI di antara para Bunda adalah oatmeal atau oat yang berasal dari gandum utuh. 

Apa itu oat dan oatmeal?

Dilansir dari Healthline, oat adalah makanan gandum utuh yang secara ilmiah dikenal sebagai Avena sativa.


Biji gandum merupakan bentuk gandum yang paling utuh membutuhkan waktu lama untuk dimasak. Oleh karena itu kebanyakan orang lebih suka gandum yang telah dihancurkan atau dipotong.

Oat instan (cepat) adalah jenis yang paling banyak diproses. Mereka membutuhkan waktu tersingkat untuk dimasak dan teksturnya bisa menjadi lembek.

Oat biasanya dimakan untuk sarapan sebagai oatmeal, yang dibuat dengan cara merebusnya dalam air atau susu. Oatmeal sering disebut dengan bubur.

Oat juga sering dimasukkan dalam muffin, granola bar, kue, dan makanan panggang lainnya. Oatmeal juga merupakan salah satu makanan paling populer yang dimakan ibu menyusui untuk menghasilkan lebih banyak ASI dan mendukung laktasi. 

Oatmeal dan produk oat lainnya merupakan tambahan yang bagus untuk menyusui dan merupakan pilihan yang sehat karena memiliki banyak efek positif pada ibu menyusui.

Manfaat Oat untuk menyusui

Lalu apa sajakah manfaat oatmeal bagi ibu menyusui? Dilansir dari Very Well Family, manfaat oatmeal antara lain sebagai berikut:

1. Beta-glukan ditemukan dalam oatmeal

Beta-glukan adalah jenis serat yang dianggap meningkatkan kadar hormon prolaktin menyusui. Tingkat prolaktin yang lebih tinggi dapat memiliki efek positif pada produksi ASI.

2. Oatmeal penuh nutrisi

Oatmeal mengandung protein, vitamin, mineral, juga tinggi zat besi, seng, mangan, dan kalsium. Oatmeal adalah sumber serat larut yang sangat baik. Plus, mengandung vitamin B untuk membantu meningkatkan energi, meningkatkan mood, melawan kelelahan, kecemasan, stres, dan depresi. 

3. Oat mengandung saponin

Saponin adalah zat yang dianggap memiliki efek positif pada hormon yang berhubungan dengan produksi ASI .

4. Terdapat estrogen tanaman dalam oatmeal

Makanan yang mengandung estrogen tanaman berhubungan dengan stimulasi kelenjar susu dan produksi ASI yang lebih besar.

Top view of wholegrain and cereal composition shot on rustic wooden table. This type of food is rich of fiber and is ideal for dieting. The composition includes wholegrain sliced bread, various kinds of wholegrain pasta, wholegrain crackers, grissini, oat flakes, brown rice, spelt and flax seeds. Predominant color is brown. DSRL studio photo taken with Canon EOS 5D Mk II and Canon EF 100mm f/2.8L Macro IS USMIlustrasi manfaat oatmeal bagi ibu menyusui/ Foto: Getty Images/fcafotodigital

Cara menambahkan oatmeal ke makanan Bunda

Oat tersedia dalam berbagai bentuk makanan, serta cepat dan mudah disiapkan dalam banyak cara. Bunda bisa memasak makanan ringan dan makanan Bunda sendiri dengan oat membeli produk yang sudah mengandung oat.

Dari sarapan camilan sore hingga hidangan penutup, mudah untuk menambahkan oat dan produk oatmeal ke dalam diet menyusui harian Bunda.

Oat Bars: Nikmati granola bar atau oat bar buatan sendiri saat makan siang atau sebagai camilan.

Oat Muffin: Panggang muffin oat yang lezat. Pilihan ini sempurna untuk sarapan atau camilan sore.

Cookies Oatmeal dan Cookies Laktasi : Tidak mengherankan jika oat adalah bahan umum dalam kue laktasi. Baik Bunda menambahkan galactagogues lain atau tidak, kue oatmeal menjadi camilan atau makanan penutup yang enak.

Oatmeal (bubur) : Makan oatmeal adalah cara paling populer untuk menambahkan oat ke dalam pola makan Bunda. Banyak wanita mengatakan bahwa mereka melihat peningkatan suplai ASI mereka dengan menambahkan hanya satu mangkuk oatmeal sehari. Oatmeal yang dimasak dengan proses yang lambat lebih baik daripada oatmeal instan. 

Teh Oatmeal : Untuk membuat teh oatmeal, tuangkan 1 cangkir air mendidih di atas satu sendok teh oatmeal. Kemudian, tambahkan kayu manis dan madu sesuai selera Bunda. Bunda bahkan dapat menambahkan bahan lain yang bagus untuk menyusui, seperti fenugreek atau adas, untuk semakin memaksimalkan produksi ASI.

Oat yang dipanggang menjadi roti : Tambahkan beberapa oat ke adonan roti Bunda atau belilah sepotong roti yang dibuat dengan oat gandum utuh. Bunda bisa memanggang roti gandum di pagi hari, menggunakannya untuk membuat sandwich di sore hari, atau memakannya bersama makan malam di malam hari.

Oat dalam sup : Alih-alih nasi atau pasta, tambahkan sedikit oat ke sup Bunda. Sup oat adalah pilihan yang hangat dan sehat untuk makan siang atau makan malam. 

Makan oatmeal bagi yang alergi gluten

Gandum utuh tidak mengandung gluten. Mereka umumnya ditoleransi dengan baik bahkan oleh mereka yang menderita penyakit celiac.

Beberapa oatmeal diproses bersama dengan produk gandum atau dikombinasikan dengan produk lain yang mengandung gandum. Sangat penting untuk memeriksa label dengan hati-hati jika Bunda memiliki alergi gluten.

Bunda hanya boleh membeli gandum utuh murni, yang diberi label bebas gluten, atau gandum yang diproses di fasilitas bebas gluten.

Apakah ada efek samping mengonsumsi oatmeal?

Oat dianggap sebagai bagian yang aman dan sehat dari menu makanan Bunda menyusui. Tidak ada efek samping yang diketahui dan tidak ada interaksi obat yang diketahui terkait dengan gandum.

Manfaat kesehatan lainnya dari Oatmeal

Oat memberikan berbagai manfaat kesehatan:

  1. Oat yang ditambahkan ke losion pelembap dan produk mandi dapat membantu menenangkan kulit yang gatal dan teriritasi pada mereka yang menderita kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis.
  2. Oat juga dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah.
  3. Oat baik untuk jantung. Studi menunjukkan bahwa serat beta-glukan yang ditemukan dalam gandum dapat menurunkan kolesterol.
  4. Oat dapat membantu menstabilkan kadar gula darah selama Bunda tidak berlebihan dengan menambahkan terlalu banyak gula.
  5. Oat hangat dan dinikmati dengan santai dapat memberi efek menenangkan.
  6. Oat gandum utuh dapat mengenyangkan dengan mengisi perut Bunda dan mencegah Bunda menjadi lapar lagi dalam waktu yang cukup lama.

Demikian berbagai manfaat oatmeal bagi Bunda menyusui dan juga berbagai manfaat kesehatan lainnya yang ternyata cukup banyak ya, Bunda. Jadi yuk nikmati oatmeal untuk meningkatkan jumlah produksi ASI Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!