sign up SIGN UP search


menyusui

Selain ASI Booster, Ini Lho 4 Manfaat Daun Katuk untuk Ibu Menyusui

Inkana Putri Minggu, 10 Jan 2021 10:11 WIB
Menjaga kualitas ASI
asian, cooked, crisp, cuisine, dish, food, fried, garlic, gourmet, green, meal, meat, sauce, spicy, stir, stir-fry, vegetable,thai,thai food,Sauropus androgynus caption

4. Menjaga kualitas ASI

Untuk meningkatkan produksi ASI memang enggak boleh sembarangan ya, Bunda. Peningkatan produksi ASI juga harus mempertimbangkan kualitas ASI yang dihasilkan. Oleh karena itu, Bunda juga perlu mengonsumsi makanan atau suplemen yang aman.

Dalam penelitian tersebut, dikatakan bahwa ekstrak daun katuk tidak menurunkan kualitas ASI Bunda. Pasalnya, setelah dilakukan uji coba pemberian daun katuk dengan dosis 3 x 300 mg per hari selama 15 hari terus-menerus, tidak ditemukan perbedaan kadar protein dan lemak pada ASI.

Nah Bunda, itulah keempat manfaat daun katuk untuk ibu menyusui. Bagi Bunda yang ingin mengonsumsi daun katuk, IDAI menyarankan agar Bunda juga memperbaiki teknik menyusui, dan memperhatikan faktor lain yang mungkin menjadi penyebab kurangnya produksi ASI.


Adapun daun katuk bisa dikonsumsi dengan cara menjadikannya lalapan atau sayur. Bunda juga bisa mengonsumsi daun katuk dalam bentuk ekstrak. Selain daun katuk, Bunda bisa mengonsumsi laktogogue dalam jenis obat atau suplemen seperti metoklopramid, domperidon, sulpiride, dan klorpromazin. Namun, pastikan Bunda melakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Untuk meningkatkan produksi ASI, jangan lupa juga untuk memperhatikan nutrisi gizi harian lainnya ya, Bunda. Dengan begitu, produksi dan kualitas ASI Bunda bisa meningkat secara bersamaan dan nutrisi Si Kecil tetap terpenuhi.

(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi