sign up SIGN UP search


menyusui

Ibu Menyusui Konsumsi Minuman Berenergi, Aman Enggak Ya Bun?

Annisa Karnesyia Selasa, 09 Feb 2021 14:40 WIB
Young mother breastfeeding her baby boy in the bedroom. Belgrade, Serbia caption
Jakarta -

Minuman berenergi dipercaya bisa meningkatkan stamina dan konsentrasi. Bagi ibu menyusui, konsumsi minuman ini diklaim dapat membantu mengatasi kelelahan dari aktivitas merawat sang buah hati. Lalu apakah aman ibu menyusui mengonsumsi minuman ini?

Menurut ahli nutrisi klinis, Swati Patwal, M. Sc., minuman energi mengandung banyak kafein dan gula. Beberapa di antaranya termasuk jenis minuman berkarbonasi atau non-karbonasi.

Selain itu, beberapa minuman berenergi juga mengandung ekstrak herbal dan asam amino. Tak jarang, kandungan bahan-bahan alami ini sering dimanfaatkan produsen untuk menarik perhatian konsumen, Bunda.


"Beberapa penelitian menunjukkan bahwa beberapa bahan yang digunakan dalam minuman berenergi dapat menimbulkan efek samping," kata Patwal, dilansir Mom Junction.

Efek samping ini membuat minuman berenergi tidak cocok dikonsumsi ibu menyusui. Jika Bunda ingin mengonsumsinya, sebaiknya konsultasikan dulu ke ahli laktasi atau dokter ya.

Lalu apa saja kandungan minuman berenergi yang harus diwaspadai ibu menyusui? Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa kandungan tersebut:

1. Kafein

Kafein adalah senyawa ergogenik dan stimulan yang terkandung dalam minuman berenergi, Bunda. Konsumsi kafein bisa meningkatkan tekanan darah serta detak jantung.

Nah, kafein yang dikonsumsi ibu menyusui bisa diteruskan ke bayinya melalui Air Susu Ibu (ASI). Bagi bayi baru lahir, waktu yang diperlukan tubuh untuk metabolisme kafein sangat lama.

Bayi membutuhkan empat hari untuk mengurangi dampak awal asupan kafein dan empat hari lagi untuk menghilangkan di sistem tubuh mereka. Artinya, anak bisa berisiko mengalami komplikasi kesehatan jika ibu banyak mengonsumsi minuman berenergi.

Selain kafein, apa lagi bahan yang biasanya terkandung dalam minuman berenergi? Klik halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga menu sarapan ibu menyusui agar ASI lancar, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Melly Goeslaw Sukses Diet
Kandungan minuman berenergi
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi