sign up SIGN UP search


menyusui

Simak, Bun! Ini Bahaya Menggunakan Pompa ASI Elektrik

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 23 Feb 2021 14:06 WIB
BAHAYA PAKAI POMPA ASI ELEKTRIK
Love and motherhood caption

Jika puting Bunda terasa sakit saat pompa ASI mulai memeras, hentikan segera mungkin dan pastikan puting berada di tengah cup payudara dan isapannya pada setelah yang terendah.

Kelly Colden, M.D, M.P.H, seorang ginekolog mengatakan dalam memilih pompa ASI, poin penting yang perlu diperhatikan ialah, ada baiknya tidak membeli pompa ASI bekas pakai dikarenakan dapat meningkatkan risiko Bunda dan juga bayi Bunda terkontaminasi, seperti dikutip dari laman FDA.

"Kontaminasi bahkan dapat terjadi pada pompa baru jika tidak dibersihkan dengan benar. Penggunaan dan pembersihan yang benar akan membantu melindungi Bunda dan juga bayi," ujar Brown.


FDA pun merekomendasikan pembersihan dan disinfeksi di antara penggunaan. Pastikan juga Bunda membaca petunjuk di kemasan dan senantiasa menjaga kebersihan pompa ASI sebelum dan setelah digunakan.

Caranya, bilaslah setiap bagian yang bersentuhan dengan ASI dalam air dingin sesegera mungkin setelah memompa ASI. Kemudian cuci setiap bagian secara terpisah menggunakan sabun pencuci khusus dan air hangat. Bilas setiap bagian secara menyeluruh dengan air panas selama 10 hingga 15 detik. Lalu, letakkan bagian tersebut di atas handuk atau tisu bersih atau di rak pengering yang bersih dan biarkan mengering dengan sempurna. Akan lebih baik jika setelahnya, Bunda mensterilkan pompa ASI dengan UV Sterilizer untuk membersihkan dari virus dan kuman yang tak terlihat.

Semoga membantu informasinya ya, Bunda.

(fia/fia)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Rekomendasi