sign up SIGN UP search


menyusui

Bolehkah Bunda Mengonsumsi Ibuprofen Jika Sedang Menyusui?

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 04 Mar 2021 17:49 WIB
containers with pills, flowers in vase and mother breastfeeding baby behind at home caption

Selain paracetamol, obat ibuprofen banyak diandalkan untuk meredakan gangguan kesehatan ringan pada Bunda yang sedang menyusui. Tetapi, benarkah penggunaan obat ibuprofen aman dikonsumsi ketika menyusui bayi ya, Bunda?

Sebagian besar Bunda menyusui sedianya memang dapat dengan aman minum obat ataupun melakukan vaksinasi sesuai yang dibutuhkan, seperti dikutip dari laman WebMD.

Laporan dari American Academy of Pediatrics setelah berkonsultasi dengan US Food and Drug Administration menjelaskan usulan perubahan pada label obat. Label baru akan memberikan lebih banyak informasi rinci tentang transfer obat ke ASI dan potensi untuk membahayakan bayi yang disusui.


Perubahan ini merupakan bagian dari dorongan FDA untuk meminta pembuat obat mempelajari bagaimana obat dapat memengaruhi menyusui dan untuk mengkomunikasikan informasi dengan lebih baik kepada ibu menyusui dan para dokter.

"Kami tahu bahwa menyusui memiliki manfaat bagi perkembangan dan kesehatan bagi ibu dan bayi. Kami mendorong penelitian di bidang ini sehingga dokter dapat membuat keputusan yang tepat tentang cara terbaik untuk merawat pasien mereka," kata penulis studi Dr Hari Cheryl, seorang dokter anak dan Maternal Health Team dari FDA Center for Drug Evaluation and Research.

Pesan yang dapat diambil secara umum yakni bahwa sebagian besar obat kompatibel dengan menyusui dan bahwa Bunda tidak perlu menyapih untuk menggunakan obat dan label harus secara akurat mencerminkan ilmu pengetahuan untuk Bunda menyusui, kata Diana West, seorang konsultan laktasi dan juru bicara La Leche League International.

Banner aglaonema

Mengenai obat ibuprofen sendiri, sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi obat ibuprofen saat menyusui aman untuk Bunda dan juga bayi. Ini tentunya melegakan bagi Bunda menyusui yang kerap membutuhkan obat bebas untuk meredakan nyeri ringan hingga sedang, seperti dikutip dari laman Lifehack.

Baca lebih lengkap di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga video pilihan berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]



BOLEHKAH MINUM IBUPROFEN JIKA SEDANG MENYUSUI?
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi