sign up SIGN UP search

menyusui

Cara Mengatasi Bayi Cegukan, Bunda Perlu Tahu

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 18 Mar 2021 19:15 WIB
Happy baby girl. caption

Cegukan tidak hanya dialami orang dewasa. Bayi yang baru lahir juga bisa mengalaminya. Jadi, Bunda tidak perlu terkejut ketika melihat buah hati cegukan pertama kalinya.

Cegukan pada bayi merupakan hal normal dan tidak perlu dihentikan. Faktanya, para ahli menyarankan agar cegukan pada bayi berjalan dengan sendirinya.

"Cegukan pada orang tua cenderung lebih mengganggu daripada cegukan pada bayi," kata Dr Hillary Sismondo, dokter anak di NYITCOM di Arkansas State University, seperti dikutip dari laman Today.


Meski kenyataannya cegukan pada bayi terbilang aman, banyak orang tua khawatir ketika bayinya mengalami cegukan karena hal tersebut membuat buah hati menjadi tidak nyaman dan terganggu. Padahal, cegukan pada bayi sesungguhnya sama halnya cegukan pada orang dewasa.

Banner Ciri Suami Sayang Istri

Bayi dalam hal ini memiliki otot besar di antara perut dan dada yang disebut diafragma. Saat diafragma bergerak naik dan turun, ia akan membantu pernapasan.

"Terkadang, sama seperti otot lainnya, diafragma mengalami kejang sehingga menyebabkan cegukan," tambahnya.

Bagi Bunda yang mencari teknik mengatasi cegukan pada bayi, Sismondo merekomendasikan untuk menggosok punggungnya atau mengayunnya. Disarankan juga untuk mengatur waktu menyusu bayi dan membaca isyarat lapar dari mereka.

Melansir Medical News Today, sebaiknya bayi disendawakan setiap kali mereka mengonsumsi susu botol, seperti disarankan American Academy of Pediatrics. Sementara untuk bayi yang menyusu, sebaiknya disendawakan saat berganti menyusu ke payudara lainnya atau setelah selesai menyusui.

Berikut ini beberapa cara mengatasi cegukan pada bayi yang bisa dicoba ya, Bunda:

Menggunakan empeng

Mengisap empeng diketahui dapat membantu merilekskan diafragma dan menghentikan cegukan. Sehingga, Bunda dapat memberikannya agar cegukan pada bayi segera mereda.

Klik halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak juga cara pijat bayi, dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

CARA MENGATASI BAYI CEGUKAN
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi