sign up SIGN UP search


menyusui

Lambung Masih Sebesar Kelereng, Segini Bun Kebutuhan ASI Bayi Baru Lahir

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 11 Apr 2021 17:05 WIB
Beautiful mother kissing here little cute baby on her palm. Mother take care her little girl at home. One week newborn girl. caption

Setiap kali menyusu, Bunda mungkin dibuat bingung karena tidak mengetahui seberapa banyak Bunda perlu memberikan ASI kepada si kecil. Alhasil, tak jarang Bunda memberikannya berkali-kali karena khawatir mereka tidak kenyang.

Ya, pada umumnya memang sulit menebak berapa kebutuhan ASI bayi setiap harinya. Apalagi, tidak ada ukuran dalam ml seperti halnya ketika Bunda memberikan susu dalam botol. 

Ketika menyusu langsung, Bunda tentu tidak mengetahui berapa ml ASI yang dihisap bayi Bunda. Sehingga, wajar saja kalau sulit mengetahui kebutuhan ASI bayi secara pasti. Namun, ada beberapa yang perlu Bunda tahu sebagai pedoman.


Menurut pakar laktasi, Kathy Kuhn, kebanyakan bayi akan menyusu 8 sampai 12 kali dalam 24 jam dari hari kedua atau ketiga sampai usia mereka menginjak tiga hingga enam bulan. Pemberian makan sendiri biasanya tidak diberi jarak yang merata sepanjang waktu.

Banner nasi tak cepat basi

Kebanyakan bayi akan memvariasikan waktu antara menyusu dan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk setiap sesi menyusu. Jumlah rata-rata waktu yang diperlukan untuk setiap sesi menyusui pun dapat bervariasi dari sekira 10 menit hingga 45 menit.

"Untuk beberapa minggu pertama kehidupan, dianjurkan agar Bunda membangunkan bayi untuk menyusu setidaknya dua hingga tiga jam, diukur dari awal menyusui pada siang dan malam hari. Tidak apa-apa membiarkan mereka tidur lebih lama di malam hari jika mereka menginginkannya," ujarnya seperti dikutip dari laman Today.

Mengenai sesi menyusui, Kuhn mengingatkan agar Bunda tidak boleh membuat bayi menunggu dua hingga tiga jam berlalu jika mereka menangis atau secara aktif mengisap tangannya, atau menunjukkan keinginan menyusu.

Jika bayi Bunda ingin menyusu lebih cepat dari dua jam, meskipun pemberian ASI terakhir baru saja berakhir beberapa waktu sebelumnya, Bunda tetap harus memberikannya. Bunda tidak perlu khawatir kalau payudara menjadi kosong karena payudara sedianya akan menghasilkan ASI secara terus menerus.

Melansir Better Doctor, saat lahir ukuran dari perut bayi sebesar buah ceri dan hanya dapat menampung 01,2 hingga 0,2 ons (5-7 ml) susu. Jadi Bunda tidak perlu khawatir ASI Bunda kurang meski baru keluar sedikit di hari-hari pertama! Teruslah menyusui. Seiring waktu, perutnya akan terus bertumbuh sangat cepat setiap harinya.

Baca halaman selanjutnya, Bunda.

Simak juga perjuangan Winda Viska menyusui saat mengidap darah tinggi, dalam video Intimate Interview di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

KEBUTUHAN ASI BAYI BARU LAHIR
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi