sign up SIGN UP search


menyusui

4 Tanda Bayi Cukup ASI, Dengarkan Suaranya Saat Menyusu

Meita Fajriana   |   Haibunda Minggu, 02 May 2021 10:04 WIB
CARA AGAR PRODUKSI ASI MENINGKAT
Young parents with baby girl having breakfast in bed caption

Jika menemukan salah satu tanda bayi tidak cukup ASI, Bunda bisa langsung mencari pertolongan ke dokter ya. Hal ini menjadi sangat penting agar keadaan bayi bisa cepat diatasi dan kembali normal. Bunda juga bisa meminta dukungan orang-orang sekitar seperti suami dan keluarga agar proses menyusui lebih lancar. 

Nantinya akan dicari tahu apakah penyebabnya bayi tidak cukup ASI. Apakah dari kemampuan bayi menyusu atau produksi ASI Bunda. Yang jelas bunda harus selalu berpikir positif dan selalu happy ya. Bunda bisa melakukan beberapa hal ini agar produksi ASI lebih banyak loh.

Cara memperbanyak ASI

1. Minta bantuan ahli laktasi, baik dokter maupun praktisi untuk memperbaiki pelekatan mulut bayi dan payudara saat menyusui.


2. Terus susui bayi sesering mungkin sesering yang si kecil inginkan. Khususnya menyusui di malam hari dapat menambah produksi ASI.

3. Pompa ASI setiap selesai menyusui, sehingga Bunda punya stok ASI jika diperlukan atau produksi ASI sedang sedikit. 

4. Susui bayi secara bergantian pada payudara kiri dan kanan. Kemudian mulai menyusui lagi pada payudara terakhir kali diberikan untuk bayi. 

(rap/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!