sign up SIGN UP search


menyusui

Bunda, Kenali Tanda Posisi dan Pelekatan Menyusui yang Baik

Annisa Karnesyia Selasa, 25 May 2021 18:45 WIB
Menyusui caption
Jakarta -

Menyusui bukan cuma memasukkan puting ke mulut bayi untuk mendapatkan ASI ya, Bunda. Dalam praktiknya, pemberian ASI harus tepat dengan posisi dan pelekatan yang benar.

Kesulitan menyusui karena salah posisi dan pelekatan bisa menjadi alasan wanita berhenti menyusui. Studi dalam jurnal Pediatrics melaporkan bila puting sakit, kesulitan menyusui, dan persediaan ASI menjadi alasan utama ibu berhenti menyusui sebelum empat minggu.

Mereka yang berhenti menyusui antara 4 sampai 8 bulan juga melaporkan kalau timbul rasa kurang percaya diri kemampuan untuk memberikan ASI yang cukup.


"Pada umumnya, menyusui akan menyakitkan bagi ibu yang bayinya salah pelekatan saat menyusui. Pemberian ASI yang lama karena hal ini bisa mengurangi persediaan ASI dan bayi tidak bertambah berat badannya," kata konsultan laktasi Jane Weiser, Ed.D, RN, IBCLC, RLC, dilansir Romper.

Sementara itu, menurut Sri Sunarti, S.K.M.,M.Si, secara alamiah, bayi sebenarnya dapat melekat dengan baik pada payudara ibunya saat menyusu. Pada saat lahir, bayi akan diberi kesempatan merangkak mencari puting ibu untuk dapat menyusu.

"Jika selanjutnya bayi tidak dapat melekat dengan baik pada payudara ibunya, dapat dipastikan ada beberapa penyebab," kata Sri, dalam buku Panduan Menyusui Praktis dan Lengkap.

Posisi yang salah atau pelekatan yang buruk bisa terjadi karena Bunda belum berpengalaman menyusui. Selain itu, adanya kesulitan fungsional, seperti bayi terlalu kecil, payudara bengkak, dan terlambat menyusui juga bisa jadi penyebabnya.

Selain mengetahui posisi dan tanda pelekatan yang salah, Bunda juga perlu tahu nih tanda-tanda posisi dan pelekatan yang baik. Berikut tanda-tandanya:

Posisi menyusui yang baik

Bunda dapat mengetahui posisi yang baik saat menyusui ketika:

1. Kepala dan badan bayi berada dalam satu garis lurus.

2. Bayi dipeluk dekat dengan Bunda.

3. Seluruh badan bayi ditopang, terutama bayi yang masih berusia kurang dari 6 bulan.

4. Bayi mendekat ke payudara saat menyusu.

Baca halaman berikutnya untuk tahu tanda pelekatan menyusui yang baik dan benar ya, Bunda.

Simak juga tips perbanyak ASI saat menstruasi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

TANDA PELEKATAN MENYUSUI YANG BAIK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi